IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Timpora di Banggai Laut, Upaya Deteksi Dini TPPO dan TPPM oleh Kantor Imigrasi Banggai

642
×

Timpora di Banggai Laut, Upaya Deteksi Dini TPPO dan TPPM oleh Kantor Imigrasi Banggai

Sebarkan artikel ini

Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Octaveri, menyatakan, “Kami berkomitmen untuk menguatkan kerja sama dan koordinasi lintas sektor guna mencegah dan mengatasi tindak pidana yang berhubungan dengan orang asing. 

Dengan peningkatan kapasitas deteksi dan pencegahan yang efektif, kami berharap dapat memberikan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat serta menjaga kedaulatan wilayah.”

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, menambahkan, “Penanganan kasus TPPO dan TPPM memerlukan pendekatan yang komprehensif. 

Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan mendukung inisiatif TimPora yang telah bekerja keras dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban umum. 

Kedepannya, kami akan terus mendukung pengembangan kebijakan dan program yang diorientasikan untuk pencegahan kejahatan transnasional ini.”

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah strategis dan implementatif yang akan diterapkan oleh Kantor Imigrasi Banggai dan stakeholders terkait dalam upaya bersama menghadapi dan menanggulangi permasalahan TPPO dan TPPM di wilayah Banggai Laut.

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Baskoro Dwi, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah. 

Baskoro menyampaikan berbagai strategi dan langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan mendeteksi dini TPPO dan TPPM. 

Ia menekankan pentingnya koordinasi antara instansi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengawasan orang asing yang berpotensi melakukan tindak pidana tersebut.

Pengawasan yang ketat serta tindakan pencegahan yang tepat sangat diperlukan untuk melindungi masyarakat kita,” kata Baskoro.

Moderasi acara dilakukan oleh Ramacesa, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Banggai.

Ia memandu diskusi dengan baik, memastikan setiap isu yang dibahas mendapat perhatian serius dari para peserta. 

Ramacesa juga mendorong para peserta untuk aktif berdiskusi dan berbagi pengalaman serta kendala yang dihadapi di lapangan.

Kegiatan Timpora ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan semua pihak terhadap ancaman TPPO dan TPPM. 

Dengan adanya upaya antisipasi dan deteksi dini, diharapkan Kabupaten Banggai Laut dapat menjadi wilayah yang lebih aman dan terlindungi dari tindak kejahatan perdagangan dan penyelundupan manusia. 

Kegiatan ini juga menegaskan komitmen Kantor Imigrasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah kerjanya melalui pengawasan yang efektif dan kolaboratif.(Mam) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!