IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Luwuk Kabupaten Banggai, Siap Menjadi Kota Olahraga

381
×

Luwuk Kabupaten Banggai, Siap Menjadi Kota Olahraga

Sebarkan artikel ini
Taufan Pratama Zasya, B.A., M.A. (Staf Khusus Bupati Bidang Inovasi, Teknologi dan Percepatan Pembangunan)
Taufan Pratama Zasya, B.A., M.A. (Staf Khusus Bupati Bidang Inovasi, Teknologi dan Percepatan Pembangunan)

Singkat cerita, seluruh rencana kebutuhan penyelenggaraan rampung, lanjut rencana kebutuhan pembinaan juga rampung, berarti masuk tahap eksekusinya, bagian ini begitu penting, namun mencukupi dana kebutuhan jauh lebih rumit. Segala upaya dilakukan oleh Dispora Banggai bersama dengan KONI Banggai untuk meyakinkan nilai anggaran kepada BAPPEDA dan tentunya kepada Bupati. TOK! Bupati menyetujui, DPRD pun ikut keputusan itu, perubahan postur anggaran dilakukan sebagai tanggung jawab Pemda Banggai dalam pelaksanaan perhelatan akbar ini, tidak hanya sukses namun harus fantastis.

Harga diri harga mati, ungkapan ini jelas menggambarkan situasi tersebut, tak ayal, Bupati Banggai pasang badan, bertaruh nama baik Kabupaten Banggai untuk membuktikan bahwa Kabupaten Banggai sangat mampu dan layak untuk bisa menjadi tuan rumah perhelatan akbar lainnya. Dengan tegas Bupati ingin mengirim pesan ke seluruh antero Sulawesi Tengah, bahkan Nasional, bahwa ada sebuah Kabupaten di timur sulawesi yang bukan kaleng-kaleng, karena mampu menggelar event olahraga tingkat Provinsi berstandar Nasional.

Ternyata keseriusan itu disambut baik oleh para cabang olahraga untuk benar-benar mempersiapkan kontingennya dalam merebut medali emas. Hasilnya, Kabupaten Banggai berhasil menggeser 12 Kab/Kota lainnya untuk lompat ke peringkat utama, yaitu, Juara Umum, dengan perolehan medali 80 emas, 65 perak dan 76 perunggu. Hasil ini gak kaleng-kaleng, meraih juara umum dengan menggeser langganan juara yang dibanggakan yaitu Kota Palu, standing applause and hats off untuk Kabupaten Banggai, khususnya Bupati Banggai yang begitu enerjik mentransfer keyakinan dan kekuatan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk sama-sama menyelesaikan tugas seberat apapun.

OLAH RAGA, OLAH POPULARITAS DAN OLAH CUAN

Semenjak Banggai menjadi juara umum Porprov 2022, geliat olahraga meningkat, pusat-pusat kebugaran dipenuhi pengunjung, bahkan sewa lapangan Badminton pun cukup padat, mendadak cabor-cabor lebih serius dalam menggarap pembinaan, kompetisi pun berseliweran silih berganti cabor, Mulai dari Badminton, Tennis, Basket hingga catur, minimal di dalam kota saja, sudah siap memenuhi beberapa lapangan umum dalam perhelatan tarkam (antar kampung). Gengsi itupun mulai hadir, karena doktrin membawa nama daerah pada Porprov lalu masih sangat membekas, hasilnya adalah lahirnya kompetisi sehat lewat olahraga.

Upaya peningkatan bidang keolahragaan semakin serius digarap, transferan keyakinan dan kekuatan yang diberikan Bupati ternyata membekas kepada seluruh insan olahraga di Kabupaten Banggai. Seluruh stakeholder mulai berbenah, dari manajemen organisasi hingga kaderisasi olahraga mulai digalakkan. Keseriusan itu bukan hanya sebatas dukungan anggaran maupun program Pemda melalui Dispora, ternyata Bupati Banggai justru merebut kursi pimpinan KONI Banggai dan secara aklamasi dinyatakan menang dan keluar sebagai Ketua Umum KONI Banggai. Ini cukup sederhana saja, Bupati Banggai ingin memastikan dirinya berhasil menciptakan sistem kerja baru dengan formula yang ia miliki.

Perombakan di KONI Banggai pun dilakukan, namun jauh sebelum itu, kita dapat melihat bagaimana sesungguhnya Kota Luwuk Banggai ini mampu mengadopsi konsep Sport Industry (Industri Olahraga) serta mempopulerkan bahwa olahraga itu menyenangkan, atau kita sebut dengan Sportainment (hiburan olahraga). Sehingga, olahraga dapat dinikmati oleh siapa saja dan berbagai kalangan, tidak perlu kita dapat memainkannya, cukup datang dan menikmati suasana riuh kompetisi sudah menjadi bagian dari Kota Luwuk Banggai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!