IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Tertibkan Pengguna Sarana Air Bersih, Jika  Ada Yang Tidak Sesuai   Aturan Izin Usaha Segera  Dicabut

265
×

Tertibkan Pengguna Sarana Air Bersih, Jika  Ada Yang Tidak Sesuai   Aturan Izin Usaha Segera  Dicabut

Sebarkan artikel ini

“Disampaikan Bupati Banggai pada Kegiatan Seminar P2H Kabupaten Banggai”

KABAR LUWUK, BANGGAI  – Bupati Banggai Ir.Amiruddin, Menghadiri Kegiatan Pelaksanaan Desiminasi Survelans Faktor Resiko Lingkungan melalui Analisis kualilitas dan saranan Air Minum Rumah Tangga dan Survei dampak POPM Filarisasi Altermatif, berempat druam rapat khusus sekda Banggai, Kamis, 17/11/ 22022.

Dalam sambutan singkatnya Bupati Banggai Ir.Amiruddin mengatakan saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada tim yang sudah bekerja secara maksimal untuk mengecek Air , dan apa yang telah di rekomendasikan tadi oleh tim akan menjadikan pelajaran khusus buat kita karena masih banyak juga airnya itu ada yang layak dan tidak layak untuk di konsumsi , ini menjadi perhatian kita karena air adalah sumber dari segala sumber kehidupan manusia.

Dan saya berharap nanti untuk perizinannya , kepada depot depot penjual air yang tidak sesuai , supaya izin usahanya di cabut , tutur orang nomor satu di Polres Banggai.

Adapun beberapa poin yang di Rekomendasikan  kepada pemerintah daerah kabupaten Banggai oleh TIM BTKLPP kelas I Makassar , antara lain ;

1. Peningkatan Pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan dan pemilik sarana air minum rumah tangga.

2. Dilakukan pemeriksaan kualitas air secara berkala terhadap sarana mata air minum rumah tangga.

3. Perlu upaya untung membuat pelindung / penutup terhadap sarana mata air seperti sumur gali dan mata air tidak terlindungi yang di gunakan oleh masyarakat.

4. Untuk meningkatkan PH pada air olahan DAM , terdapat beberapa alternatif antara lain ; reminerealisasi atau penambahan kembali ion mineral ( ruggeri , 2008 dalam Rabbani dan Setiadi , 2019 ) , Water distiller ( penyuling air ) , filter penetralisir , dan larutan penetral ( tripathi , 2018 )

5. Perlu di lakukan pengecekan dan perbaikan terhadap peralatan yang di gunakan dalam proses pengolahan air baku , di lakukan pemantauan kualitas air baku dan pengecekan wadah penampungan / tandon air baku agar memperhatikan tandon / wadah yang di gunakan apakah dilapisi dengan cat yang sudah bebas dari bahan toksik misal merkuri atau tidak.

6. Untuk mengatasi kadar bakteriologis yang melebihi baku mutu , perlu di lakukan desinfeksi secara b Turut hadir Kadis pendidikan dan kebudayaan kab.banggai , kadis PUPR beserta jajarannya , kadis kesehatan beserta jajarannya , Maman ( BTKLPP KELAS I MAKASSAR ) , Dirut dan direksi PDAM. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!