IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Sosialisasi Peningkatan Peran Perempuan, Dinas P2KBP3A Dorong Inklusivitas di Bidang Sosial, Politik, Hukum, dan Ekonomi

94
×

Sosialisasi Peningkatan Peran Perempuan, Dinas P2KBP3A Dorong Inklusivitas di Bidang Sosial, Politik, Hukum, dan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai Dorong Partisipasi Perempuan Melalui Sosialisasi Multisektor
Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai Dorong Partisipasi Perempuan Melalui Sosialisasi Multisektor

KABAR LUWUK  – Sosialisasi Peningkatan Peran Perempuan, Dinas P2KBP3A Dorong Inklusivitas di Bidang Sosial, Politik, Hukum, dan Ekonomi. Dalam upaya kuat untuk menggerakkan peran aktif perempuan di berbagai sector.

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banggai menggelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan di Bidang Sosial, Politik, Hukum, dan Ekonomi. Senin 22/1/2024.

Acara ini, yang berlangsung penuh semangat pada Senin kemarin di Aula Kantor Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai, menjadi wadah penting bagi pembahasan strategi dan langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan peran perempuan di berbagai aspek kehidupan.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai, dalam sambutannya, menyampaikan tujuan yang jelas dari sosialisasi ini, “Kami ingin mendorong partisipasi perempuan di bidang sosial, politik, hukum, dan ekonomi. Perempuan memiliki peran strategis dalam membangun masyarakat yang berkeadilan dan berkelanjutan.”

Materi sosialisasi mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan literasi politik dan hukum perempuan hingga pemberdayaan ekonomi melalui beragam program dan pelatihan.

Diskusi interaktif juga diadakan untuk mendorong pertukaran gagasan dan pengalaman antar partisipan.

Beberapa narasumber ternama turut ambil bagian, termasuk Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM, dan perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai.

Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan ini diharapkan menjadi langkah awal yang berarti menuju masyarakat yang inklusif dan merata dalam kesempatan serta hak-haknya.

Dengan demikian, perempuan dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan Kabupaten Banggai, membentuk fondasi untuk masyarakat yang lebih berkeadilan dan berkelanjutan.

Sosialisasi tersebut juga menekankan pentingnya pengembangan keahlian dan keterampilan perempuan sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi. Materi pelatihan mencakup berbagai bidang, seperti kewirausahaan, teknologi informasi, dan keterampilan kepemimpinan.

Hal ini bertujuan untuk memperluas cakupan kontribusi perempuan di sektor ekonomi, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang signifikan dalam mengatasi tantangan pembangunan.

Dalam konteks ini, peran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai juga diakui sebagai mitra strategis dalam perencanaan dan implementasi kebijakan yang mendukung pemberdayaan perempuan. Dengan demikian, langkah-langkah konkret dapat diambil untuk mencapai tujuan kesetaraan gender dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Kesuksesan acara ini diukur tidak hanya dari partisipasi aktif peserta, tetapi juga dari komitmen bersama untuk melanjutkan upaya pemberdayaan perempuan di Kabupaten Banggai. Harapannya, Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan ini dapat menjadi momentum positif untuk mendorong terciptanya kebijakan yang lebih inklusif dan kesetaraan gender di semua lapisan masyarakat.

Dengan langkah-langkah konkret yang diambil melalui hasil sosialisasi ini, Kabupaten Banggai berpotensi menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan peran perempuan dalam membangun masyarakat yang adil, berkeadilan, dan berkelanjutan.(dkisp)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!