IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy, Pahlawan Gugur di Papua Tengah

286
×

Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy, Pahlawan Gugur di Papua Tengah

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Almarhum Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy.
Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Almarhum Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy.

KABAR LUWUK  –  Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy, Pahlawan Gugur di Papua Tengah. Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO, menghadiri upacara pelepasan jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy di Rumah Duka Kelurahan Baru.

Briptu Alfando, anggota Peleton III Kompi IV Yon C Resimen I Paspelopor Korbrimob Polri, gugur dalam tugas setelah terkena tembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.Senin  22/1/2024.

Peristiwa tragis ini terjadi saat Briptu Alfando dan rekan-rekannya melaksanakan tugas Operasi Damai Cartenz pada Jumat, 19 Januari 2024.

Untuk menghormati jasanya dan pengabdian kepada negara, Alfando dinaikkan pangkatnya menjadi Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy.

Alfando, yang sebelumnya berpangkat Bripda IVa, mendapat penghormatan lebih dengan kenaikan pangkat menjadi Briptu IVb Anumerta.

Prosesi pemakaman dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kilo 8, Kelurahan Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan.

Upacara pelepasan jenazah juga dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kab. Banggai, pejabat kepolisian, pejabat militer, dan rekan-rekan sejawat yang memberikan penghormatan terakhir kepada Briptu Alfando.

Suasana haru menyelimuti prosesi pelepasan, menandai perjalanan Briptu Anumerta Alfando menuju peristirahatan terakhirnya.

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO, menyampaikan rasa duka cita dan penghargaannya kepada keluarga Alfando.

“Kami menghormati pengorbanan Briptu Alfando dalam menjaga keamanan dan kedamaian. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran,” ucapnya.

Penghormatan terhadap pahlawan gugur ini menjadi kenangan yang mendalam bagi masyarakat Kabupaten Banggai, serta menjadi pengingat akan tantangan dan risiko yang dihadapi oleh para petugas keamanan dalam menjalankan tugasnya demi menjaga kedamaian dan keamanan negara.

Pada upacara pelepasan jenazah tersebut, suasana haru juga terpancar dari ekspresi rekan-rekan sejawat dan anggota kepolisian yang hadir.

Mereka mengenang momen-momen bersama dengan Briptu Alfando, menggambarkan seorang sosok yang penuh semangat dan dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Banggai turut memberikan penghormatan terakhir kepada Briptu Alfando, menyampaikan belasungkawa, dan mendorong agar pemerintah terus meningkatkan perlindungan terhadap anggota kepolisian yang berada di garis depan menjaga keamanan negara.

Peristiwa ini juga menjadi momentum untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mendukung tugas kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Masyarakat diharapkan dapat lebih menghargai peran serta anggota kepolisian serta terlibat aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram.

Pelepasan jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy bukan hanya sebuah upacara formal, tetapi juga menjadi simbol penghargaan dan penghormatan atas pengabdian seorang pahlawan yang rela berkorban demi keamanan dan persatuan bangsa.

Semoga peristiwa ini dapat menjadi momentum untuk memupuk semangat kebersamaan dan kepedulian dalam menjaga keutuhan dan kedamaian Indonesia.(dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!