IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Sinergi Baru untuk Banggai Kepulauan, Kerjasama dengan UGM dan VONTRIPO Pengembangan Pariwisata

352
×

Sinergi Baru untuk Banggai Kepulauan, Kerjasama dengan UGM dan VONTRIPO Pengembangan Pariwisata

Sebarkan artikel ini
UGM Dan Vontripo Bangun Kerja Sama Pengembangan Pariwisata Di Bangkep
UGM Dan Vontripo Bangun Kerja Sama Pengembangan Pariwisata Di Bangkep

KABAR LUWUK  – Sinergi Baru untuk Banggai Kepulauan, Kerjasama dengan UGM dan VONTRIPO Pengembangan Pariwisata. Penjabat Bupati Banggai Kepulauan, H. Ihsan Basir, LLM, menggelar serangkaian pertemuan penting dengan tiga entitas berpengaruh dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pertemuan yang berlangsung di Fisipol UGM ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Bangkep, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Perumahan, dan Kalak BPBD Bangkep.

Rangkaian diskusi tersebut bertujuan untuk menjalin kerjasama strategis yang berfokus pada pengembangan daerah Banggai Kepulauan. Kamis 15/5/2024.

Pertemuan pertama dimulai pukul 09.00 dengan para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UGM.

Diskusi ini membuka jalan bagi pelaksanaan KKN tematik yang lebih luas, tidak hanya mencakup pariwisata, tetapi juga mengangkat isu-isu kritis seperti stunting dan kemiskinan.

“Kami sangat bersemangat melihat bagaimana KKN tematik ini dapat memberikan dampak signifikan bagi masyarakat Banggai Kepulauan,” ujar Ihsan Basir.

Pada pukul 11.00, giliran pertemuan dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) UGM dan tim VONTRIPO yang hadir. Kedua entitas ini membantu menyelenggarakan program Summer Course yang bertajuk “Travel With Scholar”.

Program ini akan melibatkan mahasiswa internasional UGM dalam pembelajaran langsung di Banggai Kepulauan. Mereka akan mempelajari berbagai isu seperti karst, pariwisata, lingkungan, gender, dan pemerintahan.

“Mahasiswa internasional akan mendapatkan pengalaman belajar yang unik dan mendapatkan sertifikat yang diakui UGM, termasuk perhitungan SKS,” jelas Ihsan.

Selain itu, Bupati Ihsan juga menyarankan agar program ini diperluas ke Banggai Laut, yang merupakan saudara dekat Banggai Kepulauan, untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

Pertemuan terakhir pada pukul 13.00 membahas rencana ekspedisi internasional karst dengan tim ekspedisi. Kolaborasi dengan VONTRIPO membuka peluang besar untuk menjadikan Banggai Kepulauan sebagai destinasi utama untuk ekspedisi penyelaman laut dan gua (cave diving).

“Dengan potensi alam yang luar biasa, Banggai Kepulauan bisa menjadi spot wisata selam gua unggulan, bersaing dengan destinasi terkenal seperti Mexico,” tambah Ihsan Basir.

Kolaborasi ini tidak hanya berfokus pada eksplorasi alam, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat lokal melalui program volunteerism dan trip yang dirancang untuk memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif.

Pj. Bupati Ihsan Basir menyatakan optimisme dan antusiasmenya terhadap hasil dari ketiga pertemuan tersebut. “Kolaborasi ini adalah langkah nyata dalam upaya kita untuk memajukan Banggai Kepulauan.

Melalui KKN tematik, program Summer Course, dan ekspedisi internasional karst, kami berharap dapat memberikan kontribusi besar bagi pengembangan daerah,” tuturnya.

Kerjasama dengan UGM dan VONTRIPO tidak hanya memberikan peluang bagi mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi, tetapi juga membuka pintu bagi Banggai Kepulauan untuk dikenal lebih luas di kancah internasional.

 “Kami berharap program-program ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat,” pungkas Ihsan.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah daerah dan institusi pendidikan ternama seperti UGM, masa depan Banggai Kepulauan terlihat semakin cerah, dengan harapan besar bahwa program-program ini akan membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat setempat. ( RSM ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *