IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Seleksi Paskibraka Kabupaten Banggai 2024, Mencari Putra-Putri Terbaik untuk Mengibarkan Bendera Merah Putih

911
×

Seleksi Paskibraka Kabupaten Banggai 2024, Mencari Putra-Putri Terbaik untuk Mengibarkan Bendera Merah Putih

Sebarkan artikel ini
KESBANGPOL MULAI MENJARING 221 PESERTA CALON PASKIBRAKA KABUPATEN BANGGAI
KESBANGPOL MULAI MENJARING 221 PESERTA CALON PASKIBRAKA KABUPATEN BANGGAI

KABAR LUWUK  –  Seleksi Paskibraka Kabupaten Banggai 2024, Mencari Putra-Putri Terbaik untuk Mengibarkan Bendera Merah Putih. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banggai telah memulai proses seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Banggai tahun 2024.

Pembukaan seleksi dilaksanakan di Graha Pemda, Luwuk, dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Banggai Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Yudi Amisudin. Senin 4/3/2024.

Sebanyak 221 peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi mengikuti seleksi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP). Pada tahap ini, peserta menjawab soal PIP melalui aplikasi Perisai Paskibraka yang dikelola oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Staf Ahli Bupati berharap seleksi tersebut akan menghasilkan putra-putri terbaik yang akan mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT RI ke-79, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Yudi juga menekankan pentingnya Kesbangpol dan panitia seleksi untuk menjalankan proses seleksi dengan cermat dan adil agar peserta terpilih dapat menjadi wakil yang membanggakan Kabupaten Banggai.

Seleksi ini akan menghasilkan 48 peserta, di mana 3 pasang putra-putri terbaik akan melanjutkan ke tahap seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Kesbangpol Banggai, Syaifuddin Muid, menegaskan bahwa proses seleksi dilaksanakan secara obyektif tanpa intervensi pihak manapun.

Seleksi ini didasarkan pada kemampuan intelegensi peserta dan menggunakan aplikasi dari BPIP.

Peserta Paskibraka akan dilatih untuk menjadi calon pemimpin yang berakhlak Pancasila. Tahapan seleksinya meliputi seleksi administrasi, Pembinaan Ideologi Pancasila, Tes Intelegensi Umum (TIU), tes kesehatan, seleksi parade, PBB, kesamaptaan, dan seleksi kepribadian melalui wawancara.

Panitia seleksi menerapkan sistem gugur di setiap tahapan seleksi. Dari 245 peserta yang mendaftar, 221 siswa-siswi SMA se-Kabupaten Banggai berhasil lolos seleksi administrasi.

Proses seleksi ini menunjukkan komitmen Kabupaten Banggai dalam mencari dan melatih generasi muda yang berkarakter untuk menjadi pemimpin masa depan. ( Dkisp)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!