IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Safari Berkah Jumat: Kakanwil Kemenkumham Sulteng Sambangi Lapas Luwuk, Perkuat Silaturahmi dan Pembinaan Rohani

145
×

Safari Berkah Jumat: Kakanwil Kemenkumham Sulteng Sambangi Lapas Luwuk, Perkuat Silaturahmi dan Pembinaan Rohani

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar telah menyambangi Lapas Kelas II Luwuk
Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar telah menyambangi Lapas Kelas II Luwuk

KABAR LUWUK  – Safari Berkah Jumat, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Sambangi Lapas Luwuk, Perkuat Silaturahmi dan Pembinaan Rohani. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Herman Siregar, S.H., M.H., mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Luwuk dalam rangkaian kegiatan Safari dan Berkah Jumat.

Acara yang dilaksanakan di Masjid At-Taubah Lapas Luwuk ini dirangkaikan dengan pelaksanaan sholat Jumat berjamaah, dimulai pukul 12.30 hingga 13.00 WITA. Kegiatan ini menjadi momen penting bagi para warga binaan untuk memperkuat iman dan mempererat tali silaturahmi. Jum,at  21/6/2024.

Safari Jumat kali ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi, antara lain Kadivpas Ricky Dwibiantoro, A.Md.I.P., S.H., M.H., Kadiv Imigrasi Arief Hazairin Satoto, A.Md.Im., S.H., M.H., dan Kalapas Luwuk, Efendi Wahyudi, A.Md.I.P., S.Sos., M.Si. Selain itu, turut hadir pejabat struktural, JFT & JFU Lapas Luwuk, serta warga binaan beragama Islam. Ustadz Effendi dari penyuluh agama Kemenag Kabupaten Banggai juga hadir untuk memberikan ceramah Jumat.

Dalam ceramahnya, Ustadz Effendi menyampaikan pentingnya tauhid dan pengampunan Allah, mengutip Surat An-Nisa Ayat 48 yang berbunyi: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), tetapi Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki.

Siapa pun yang mempersekutukan Allah sungguh telah berbuat dosa yang sangat besar.” Pesan ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan pencerahan dan dorongan bagi para warga binaan untuk bertaubat dan memperbaiki diri.

Dalam sambutannya, Kakanwil Herman Siregar menekankan pentingnya Safari Jumat sebagai ajang untuk memperkuat tali silaturahmi dan pembinaan rohani. “Safari Jumat merupakan berkah bagi kita dalam menyambung tali silaturahmi,” ujarnya.

Herman juga mendorong para warga binaan untuk selalu berdoa, beristighfar, dan bersholawat. “Ketika berbuat salah, berdoalah, beristighfar, dan bersholawat,” katanya sambil memandu sholawat yang diikuti oleh seluruh jamaah.

Kakanwil Herman Siregar menyatakan bahwa kunjungan ini bertujuan memastikan layanan pemasyarakatan berjalan dengan baik dan optimal.

“Kami hadir di sini bersama bapak Kadivpas dan Kadivim memastikan penyelenggaraan layanan pemasyarakatan berjalan baik dan optimal. Semua ini tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa dukungan dari WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan),” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa Lapas adalah tempat untuk memperbaiki diri, introspeksi, dan kembali ke jalan yang benar menuju ridha Allah SWT.

“Kemuliaan seseorang di sisi Allah adalah orang yang bertaqwa kepada Allah. Bertobatlah, mudah-mudahan jama’ah di Masjid At-Taubah dimuliakan oleh Allah SWT,” ujar Kakanwil penuh harap.

Kakanwil menutup dengan pesan motivasi kepada para warga binaan. “Asah, asih, dan asuh, di tempat ini mau tidak mau harus kita lewati. Berjanjilah kepada diri sendiri dan kita semua untuk tidak lagi berbuat salah,” ucapnya sambil memandu warga binaan untuk berjanji tidak mengulangi kesalahan mereka.

Sebagai penutup, Kakanwil menegaskan pentingnya mendirikan sholat sebagai kunci sukses. “Untuk menjadi sukses, dirikanlah sholat,” pungkasnya. Usai sambutan, kegiatan ditutup dengan sungkeman oleh seluruh jamaah Masjid At-Taubah dan dilanjutkan dengan pembagian Berkah Jumat oleh Kakanwil, menambah kehangatan dan rasa kebersamaan di Lapas Luwuk. ( humas lapas ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!