IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

RSUD Luwuk Banggai Berhasil Atasi Lonjakan Pasien Muntaber

193
×

RSUD Luwuk Banggai Berhasil Atasi Lonjakan Pasien Muntaber

Sebarkan artikel ini
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai, dr. Yusran Kasim, ME
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Banggai, dr. Yusran Kasim, ME

KABAR LUWUK  – RSUD Luwuk Banggai berhasil atasi lonjakan pasien Muntaber. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, Kabupaten Banggai, berhasil sukses dalam menangani lonjakan pasien yang terkena dampak Muntaber pada Senin, 29 Januari 2024, yang lalu. Direktur RSUD Luwuk, dr. H. Yusran Kasim, ME, mengungkapkan prestasi ini dalam keterangan pers di hadapan media.

Dr. Yusran menjelaskan bahwa membludaknya pasien Muntaber beberapa hari yang lalu membuat seluruh pegawai RSUD kesulitan, terutama karena ketersediaan tempat tidur yang tidak mencukupi. Kapasitas rumah sakit hanya mampu menampung sekitar 50-60 orang, tetapi pada kejadian tersebut, jumlah pasien melebihi kapasitas hingga mencapai 80-90 orang.

Dalam mengatasi situasi ini, dr. Yusran segera mengambil langkah cepat dengan meminjam tempat tidur dari Kodim 1308/LB. Alhamdulillah, upaya tersebut berhasil, dan seluruh pasien dapat terlayani dengan baik.

Meskipun timbul kekhawatiran karena lonjakan pasien, kerjasama yang baik antara seluruh perawat dan pegawai RSUD membuat semua pasien dapat dilayani dengan baik. Mereka pun berangsur-angsur sembuh dan dapat pulang dalam keadaan sehat.

Dr. Yusran berharap agar RSUD Luwuk dapat terus memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk pasien. Ia juga mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Banggai untuk tetap menjaga kesehatan, khususnya dalam hal makanan, dan selalu menjaga kebersihan. Dengan kolaborasi dan perhatian bersama, diharapkan kondisi kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

Dalam keterangan persnya, Dr. Yusran menegaskan bahwa kerjasama dan koordinasi antara RSUD Luwuk dan Kodim 1308/LB merupakan kunci keberhasilan dalam mengatasi situasi darurat ini.

Menyadari keterbatasan tempat tidur, pihak RSUD Luwuk dengan sigap meminjam fasilitas dari Kodim, yang turut berkontribusi besar dalam memastikan seluruh pasien mendapatkan perawatan secepat mungkin.

Sementara RSUD Luwuk berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan medis, Dr. Yusran juga mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga kesehatan. Ia menyoroti pentingnya pola makan sehat dan kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan penyakit, termasuk Muntaber yang dapat menyebar dengan cepat.

“Kami mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Banggai untuk tetap memperhatikan kesehatan pribadi dan lingkungan sekitar. Kunci utama pencegahan adalah dengan menjaga kebersihan tangan, mengonsumsi makanan yang aman, dan membiasakan hidup sehat,” ungkap Dr. Yusran.

Pihak RSUD Luwuk juga berterima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam penanganan kasus Muntaber ini, termasuk relawan kesehatan dan instansi terkait. Dalam menghadapi tantangan kesehatan masyarakat, solidaritas dan sinergi antara berbagai pihak dianggap sebagai modal utama untuk mencapai hasil yang maksimal.

Melalui keberhasilan ini, RSUD Luwuk berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kesiapan dalam menghadapi situasi darurat kesehatan yang mungkin timbul di masa mendatang.

Dengan dukungan bersama, diharapkan Kabupaten Banggai dapat tetap menjadi daerah yang aman dan sehat bagi seluruh warganya.( MAM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!