Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Polda Sulteng Usulkan Pembangunan Polres Banggai Laut

927
×

Polda Sulteng Usulkan Pembangunan Polres Banggai Laut

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, Luwuk – Guna menjangkau dan memaksimalkan pelayanan dalam bidang kemanan dan ketertiban kepada masyarakat khususnya yang ada diwilayah Kabupaten Banggai Laut, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah telah mengusulkan pembangunan Polres Banggai Laut. Hal itu diungkap Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyono kepada sejumlah awak media Senin (8/7) di gedung Torabelo.

Kepada para wartawan, jenderal bintang satu ini mengatakan, sejalan perkembangan waktu tentu saja ada ancaman baru yang kemudian perlu pengembangan khususnya dalam keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingganya perlu dibangun Polres Banggai Laut. Walau saat ini telah berdiri Polres Banggai Kepulauan namun tidak lagi bisa menjangkau dengan maksimal. Apalagi kontur geografis diwilayah itu berbeda, belum lagi nantinya disana akan berdiri bandara yang menjadi alur keluar masuknya masyarakat yang bisa saja menimbulkan potensi atau ancaman gangguan masyarkat.

“Saya sudah kesana dan memang perlu dibangun Polres dan alhamdulilah lahannya sudah ada dan sudah kita usulkan untuk dibangun, hal ini agar pelayanan kepada masyarakat khususnya keamanan dan ketertiban bisa berjalan maksimal,” terangnya.

Wilayah Kabupaten Banggai Laut yang terdiri dari tujuh kecamatan saat ini merupakan wilayah hukum Polres Banggai Kepulauan, sayangnya sampai saat ini hanya terdapat dua Polsek yakni Polsek Banggai Laut da Polsek Bangkurung. Padahal wilayah kabupaten yang dipimpin Bupati Wenny Bukamo memiliki luas 725,67 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 65.797 jiwa dengan beraneka ragam suku sehingganya sudah layak kemudian berdiri satu Polres.

“Usulah pembangunan sudah kita sampaikan ke Mabes Polri, kita berharap secepatnya pembangunan polres diwilayah itu segera berdiri,” tambah jenderal bintang satu yang cukup ramah dengan insan pers ini.

Sejumlah warga Kabupaten Banggai Laut yang dimintai tanggapannya berkaitan dengan usulan pembangunan Polres Banggai Laut mengaku sangat antusias dan mengapersiasi langkah Kapolda Sulteng. Harapannya dengan adanya pembangunan Polres dapat memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat khususnya yang ada diwilayah itu. Selama ini warga yang ingin berurusan atau berkaitan dengan urusan kepolisian harus menempuh perjalanan sekira delapan jam dimana sebagian perjalanan harus ditempuh melalui jalur laut untuk sampai ke Polres Banggai Kepulauan. Mereka berharap secepatnya Polres Banggai Laut bisa berdiri. (ikb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *