IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Pj Bupati Banggai Kepulauan Lepas 43 Calon Jemaah Haji dengan Pesan Penting, Sabar dan Jaga Kesehatan

264
×

Pj Bupati Banggai Kepulauan Lepas 43 Calon Jemaah Haji dengan Pesan Penting, Sabar dan Jaga Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Bupati Ihsan Basir secara resmi melepas 43 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 1445 H/2024 M.
Penjabat (Pj) Bupati Ihsan Basir secara resmi melepas 43 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 1445 H/2024 M.

KABAR LUWUK Pj Bupati Banggai Kepulauan Lepas 43 Calon Jemaah Haji dengan Pesan Penting, Sabar dan Jaga Kesehatan. Dalam suasana khidmat di Masjid Nur Hidayah Pemda, Penjabat (Pj) Bupati Ihsan Basir secara resmi melepas 43 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Banggai Kepulauan tahun 1445 H/2024 M. Acara yang digelar pada Rabu, 22 Mei 2025 ini dihadiri oleh keluarga dan kerabat para CJH serta sejumlah pejabat daerah.

Dalam sambutannya, Ihsan Basir memberikan pesan yang sangat penting kepada para calon jemaah haji. Ia menekankan pentingnya kesabaran dan menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji. “Pesan yang sangat penting kepada calon jemaah haji yaitu untuk selalu sabar dan dapat menjaga kesehatan, itu merupakan poin penting,” kata Ihsan. Menurutnya, kesabaran dan kesehatan adalah modal utama dalam pelaksanaan ibadah haji yang penuh tantangan.

Sebanyak 43 calon jemaah haji yang diberangkatkan terdiri dari 18 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Mereka berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Banggai Kepulauan, antara lain Kecamatan Tinangkung, Tinangkung Selatan, Tinangkung Utara, Totikum, Liang, Peling Tengah, Bulagi Utara, Bulagi Selatan, dan Kecamatan Buko Selatan.

Ihsan juga mengingatkan para calon jemaah haji untuk selalu saling tolong-menolong dan menjaga komunikasi yang baik antar sesama jemaah. “Untuk para calon jemaah haji agar bisa saling tolong-menolong antar jemaah, jaga komunikasi yang baik dengan jemaah lainnya, jangan sampai terpisah dengan rombongan agar tidak tersesat di sana,” harapnya.

Mengenai kemungkinan tersesat di tanah suci, Ihsan memberikan saran praktis. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi seperti layanan terjemahan di handphone. “Apabila CJH tersesat di sana tidak usah merasa khawatir, kalian bisa menggunakan Google Translate atau layanan terjemahan yang ada di handphone dan bertanya kepada orang yang kalian temui nantinya,” katanya. Layanan terjemahan ini sangat membantu dalam berkomunikasi, terutama dalam situasi darurat.

Lebih lanjut, Ihsan berharap agar seluruh calon jemaah haji senantiasa diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar tanpa ada kendala apapun. “Semoga kalian semua selalu diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar, serta kembali dalam keadaan sehat walafiat,” tuturnya.

Acara pelepasan ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama setempat, memohon kepada Allah SWT agar para calon jemaah haji diberi kelancaran dan keselamatan dalam menunaikan rukun Islam yang kelima ini. Suasana haru dan penuh semangat menyelimuti para calon jemaah haji yang siap menunaikan ibadah suci ini..(RSM)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!