IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Pilkdes Serentak Kabupaten Banggai, Tidak Semua Petahana Beruntung Terbukti Kades Desa Sayambungin  Harus Menyerahkan Jabatan

427
×

Pilkdes Serentak Kabupaten Banggai, Tidak Semua Petahana Beruntung Terbukti Kades Desa Sayambungin  Harus Menyerahkan Jabatan

Sebarkan artikel ini

“ Kalah Tipis hanya beda  2 Suara Membawa Kemenangan Ruslan Polopa”

KABAR LUWUK, BANGGAI –  Gelaran Pilkades Serentak pada 192 Desa di Kabupaten Banggai diwarnai kekalahan kepala desa yang ingin maju kembali yakni Petahana, tetapi keberuntungan ini tidak dimiliki oleh Kades Sayambungin, Alamsyah yang kalah dalam kontestan pilkades tangal 2 Nopember 2022.

Kades Desa Sayambungin adalah kades yang  masih aktif dan ikut bertarung kembali untuk menjadi Calon Kepala Desa yang kedua kalinya, sehingga persaingan dalam pemungutan suara sangat seru dan pada TPS 1 awalnya Petahan unggul dari lawan-lawannya , sehingga pada perhitungan TPS 2 justru terbalik arah banyak suara yang berpihak kepada wajah baru memimpin kades Sayambungin yakni Ruslan Polopa.  Rabu  2/11/2022.

Namun demikian, ada juga petahana yang masih bisa memperahankan kursinya, seperti contoh Desa Bubung, Desa Boyou dll, yang menang melawan pesaing pesaingnya dikontestan pemilihan kades gelombang 1 tahun 2022.

Menurut salah satu warga Sayambungin, mengatakan bahwa tumbangnya sejumlah kades petahana pada gelaran pilkades serentak di Kabupaten Banggai bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya warga ingin memberikan kesempatan kepada wajah baru dalam memimpin desanya sehingga perlu adanya perubahan dari yang lama dan yang baru, hal ini disampaikan bukan berarti yang lama tidak bagus kemungkinan dengan tampilnya wajah baru tentu bisa meneruskan yang baik demi kesejahteraan masyarakat desa Sayambungin. Terang Salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Selain itu, faktor harapan masyarakat pada sosok baru yang memimpin desanya juga bisa jadi faktor penentu lainnya terhadap kekalahan cakades Petahana. Dan ini biasanya terjadi pada kelompok masyarakat yang selalu ingin ada perubahan pada tataran kepemimpinan. Ujar warga.

Berikut Selisih perhitungan hasil rekapitulasi Desa Sayambungin kecamatan Nambo Kabupaten Banggai :

  1. Karmayanti Sutanyo   : 98 Suara.
  2. Afrianto Kuamas   : 63 Suara.
  3. Alamsyah Dj Lapi  : 145 Suara.
  4. Ronawati Tapa  : 89 Suara.
  5. Ruslan Polopa  :  147  Suara.

Dengan unggulnya  Nomor 5  yakni Ruslan Polopa akan memimpin Kepala Desa Sayambungin  6 tahun kedepan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!