IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Peserta Program JKN Saksikan Peningkatan Signifikan dalam Pelayanan Kesehatan

738
×

Peserta Program JKN Saksikan Peningkatan Signifikan dalam Pelayanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Transformasi Mutu Layanan, Pastikan Kepuasan Sarti Dapatkan Pelayanan
Transformasi Mutu Layanan, Pastikan Kepuasan Sarti Dapatkan Pelayanan

Pastikan Kepuasan Sarti Dapatkan Pelayanan

KABAR LUWUK  – Peserta Program JKN Saksikan Peningkatan Signifikan dalam Pelayanan Kesehatan. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus membuktikan manfaatnya bagi masyarakat Indonesia, dengan peserta yang semakin merasakan kemudahan dan kualitas layanan yang meningkat.

BPJS Kesehatan, sebagai pelaksana program, giat mengoptimalkan layanan dan berkolaborasi dengan fasilitas kesehatan untuk transformasi mutu pelayanan. Senin 4/12/2023.

Salah satu saksi manfaat Program JKN adalah Sarti Misiombo, peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) berusia 60 tahun. Sejak bergabung dengan JKN pada tahun 2017, Sarti menyaksikan peningkatan yang signifikan dalam kualitas pelayanan di Puskesmas. Ia mengungkapkan bahwa Program JKN sangat memudahkan dirinya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Saya merasakan kemudahan pelayanan yang diberikan, menjadi peserta JKN juga sangat membantu kami kalau memerlukan pelayanan kesehatan,” ujar Sarti.

Pengalaman Sarti ketika mengalami masalah kesehatan, seperti saat mengalami serangan magh, menunjukkan respons cepat dari tim medis. Pelayanan dokter dan tenaga kesehatan dinilainya sangat baik, terutama dalam situasi darurat.

Sarti menegaskan bahwa selama mendapatkan pelayanan kesehatan, dirinya tidak pernah dikenakan biaya tambahan. Kejelasan ini memberikan kepuasan tersendiri bagi peserta, seiring dengan peningkatan aspek kebersihan dan fasilitas di puskesmas.

Selain dari segi pelayanan, Sarti juga mencatat bahwa kemudahan administratif Program JKN tidak sesulit yang dikhawatirkan banyak orang. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN, atau bahkan KTP atau NIK, peserta sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dengan berbagai kemudahan dan kepuasan yang ditemui, Sarti berharap Program JKN terus hadir untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan berkualitas.

Pernyataannya menjadi gambaran positif dari upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan di Indonesia.

Sarti juga menekankan bahwa tidak hanya pelayanan kesehatan yang menjadi fokusnya, tetapi juga kebersihan dan kondisi fasilitas di puskesmas.

Menurutnya, kebersihan toilet, ruang tunggu, dan lingkungan sekitar memainkan peran penting dalam kenyamanan pasien, yang pada gilirannya dapat berpengaruh pada proses penyembuhan.

“Dari segi kebersihan, saya lihat di sini sangat bagus. Air di toilet selalu bersih, dan itu penting untuk kenyamanan pasien. Semuanya rapi dan bersih, membuat saya merasa senang saat berada di sini,” papar Sarti.

Pentingnya aspek non-medis ini menjadi bagian integral dari upaya transformasi mutu layanan yang tengah dilakukan oleh BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan mitra.

Hal ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kualitas tidak hanya terfokus pada aspek medis, tetapi juga pada elemen-elemen yang menciptakan lingkungan penyembuhan yang optimal.

Sarti berharap bahwa kesaksian positifnya dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Program JKN bukan hanya sebuah kebijakan kesehatan, tetapi juga sebuah komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pesertanya. Dengan harapannya, ia ingin melihat kelangsungan Program JKN untuk melayani dan menjamin masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan akses kesehatan yang berkualitas. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!