IMIP < Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Penyusunan KLHS RTRW,  Mendorong Pembangunan Berkelanjutan di Banggai Laut

1202
×

Penyusunan KLHS RTRW,  Mendorong Pembangunan Berkelanjutan di Banggai Laut

Sebarkan artikel ini
FGD dan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS PK-RTRW Kabupaten Banggai Laut Tahun 2015-2035
FGD dan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS PK-RTRW Kabupaten Banggai Laut Tahun 2015-2035

Sekretaris Daerah, Drs. H. Ruslan, Memimpin Forum Group Discussion dan Konsultasi Publik II”

KABAR LUWUK – Penyusunan KLHS RTRW,  mendorong pembangunan berkelanjutan di Banggai Laut. Dalam langkah proaktif untuk memastikan pembangunan berkelanjutan, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut, Drs. H. Ruslan, memimpin Forum Group Discussion (FGD) dan Konsultasi Publik II.

Acara tersebut bertujuan untuk menyusun Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai bagian dari Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah (PK-RTRW) Kabupaten, yang telah dirancang untuk periode 2015-2035, bertempat di kantor Bappeda, Selasa 12/12/2023.

KLHS menjadi kunci dalam memastikan bahwa prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan terintegrasi dalam kebijakan, rencana, dan/atau program (KRP) RTRW.

Proses penyusunan dokumen ini melibatkan pendekatan partisipatif, dengan pengambilan keputusan didasarkan pada masukan dari berbagai pihak melalui konsultasi publik dan diskusi kelompok terfokus (FGD).

Tujuan utama KLHS RTRW adalah merumuskan isu-isu strategis pembangunan berkelanjutan.

Proses ini mencakup kajian terhadap pengaruh KRP RTRW terhadap isu-isu tersebut serta komponen lingkungan hidup.

Selain itu, KLHS juga bertujuan untuk merumuskan strategi mitigasi, alternatif, dan rekomendasi guna penyempurnaan RTRW yang telah disusun.

Sekretaris Daerah menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan rencana pembangunan yang lebih responsif terhadap kebutuhan langsung masyarakat.

“Kami berupaya agar perencanaan yang baik menjadi dasar implementasi di lapangan, sehingga memenuhi harapan semua pihak,” ujar Drs. H. Ruslan.

Melalui inisiatif ini, diharapkan KLHS RTRW dapat menjadi instrumen yang mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Banggai Laut.

Dengan melibatkan berbagai pihak, diharapkan hasil akhirnya tidak hanya memenuhi standar lingkungan, tetapi juga mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara holistik.( RS )**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!