IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Penyaluran BLT-DD di Desa Koyobunga Peling Tengah Sudah Tahap Dua

292
×

Penyaluran BLT-DD di Desa Koyobunga Peling Tengah Sudah Tahap Dua

Sebarkan artikel ini
Penyaluran BLT DD,Kecamatan Peling Tengah,Kbupaten bangggai,kabupaten Bangkep,

KABAR LUWUK – Penyaluran BLT-DD di Desa Koyobunga Peling Tengah Sudah Tahap Dua. Desa Koyobunga, Kabupaten Bangkep, Sulawesi Tengah – Sebanyak 26 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Koyobunga, Kecamatan Peling Tengah, Kabupaten Bangkep, Sulawesi Tengah, telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua untuk bulan April, Mei, dan Juni 2023.

Penyaluran bantuan ini dilakukan dalam upaya meringankan beban hidup para penerima manfaat yang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit.

Acara penyaluran BLT-DD tahap dua ini diselenggarakan di Kantor Desa Koyobunga dan dipimpin langsung oleh Kepala Desa Koyobunga Nurhaya DJ. Monggol, S.Pd. Hadir dalam acara tersebut Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa Koyobunga, pendamping kecamatan, pendamping desa, serta para penerima BLT pada tanggal Jumad 14 Juli 2023 pukul 14.30 WITA sampai selesai.

Dalam tahap kedua ini, total anggaran yang disalurkan mencapai Rp 23.400.000. Setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp 900.000 untuk tiga bulan berturut-turut.

Kepala Desa Koyobunga Nurhaya DJ. Monggol, S.Pd. berharap bantuan ini dapat meringankan beban hidup warga sehari-hari, sambil meminta maaf atas keterlambatan penyaluran BLT tahap dua.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) bertujuan untuk memberikan bantuan finansial kepada keluarga atau individu yang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit. Bantuan ini memiliki beberapa kegunaan utama, antara lain meringankan beban ekonomi, memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan perumahan, serta memberikan peningkatan kesejahteraan bagi penerima manfaat.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga kestabilan ekonomi, mengurangi risiko kemiskinan, serta mendapatkan akses ke layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, BLT juga berperan sebagai stimulus ekonomi di tingkat lokal atau nasional. Ketika bantuan tersebut digunakan untuk membeli barang dan jasa, hal ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan menggerakkan roda perekonomian.

Tak hanya itu, dampak sosial dari BLT juga tidak bisa diabaikan. Bantuan ini memberikan perhatian dan dukungan kepada individu atau keluarga yang berdampak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan optimisme, kepercayaan diri, dan semangat untuk bangkit dari kesulitan yang dihadapi.

Selain itu, BLT juga berfungsi sebagai bentuk perlindungan sosial bagi masyarakat yang rentan atau terpinggirkan, dengan membantu mengurangi kesenjangan sosial, memberikan akses yang lebih adil terhadap sumber daya dan kesempatan, serta mempromosikan keadilan sosial dalam masyarakat.

Tujuan utama dari BLT adalah memberikan bantuan jangka pendek kepada mereka yang membutuhkan, sambil membangun kebijakan dan program jangka panjang yang berkelanjutan untuk mengatasi akar permasalahan kemiskinan dan ketimpangan sosial.

Melalui bantuan ini, diharapkan masyarakat Desa Koyobunga dapat merasakan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan sosial yang lebih baik.

Pemerintah Desa Koyobunga juga berkomitmen untuk terus mengembangkan program-program bantuan sosial yang berkelanjutan guna mengatasi masalah kemiskinan dan ketimpangan sosial.

 Melalui kerja sama antara pemerintah desa, masyarakat, dan pihak terkait lainnya, diharapkan dapat terwujud kondisi di mana semua warga Desa Koyobunga dapat merasakan kesejahteraan dan mendapatkan akses yang adil terhadap sumber daya dan kesempatan. ( RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!