IMIP < Bawaslu-ads
KABAR NASIONAL

Pendaftaran UN Women Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards 2024 Telah Dibuka

754
×

Pendaftaran UN Women Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards 2024 Telah Dibuka

Sebarkan artikel ini
Keterangan foto - Credit UN Women Indonesia- Para pemenang UN Women Indonesia WEPs Awards 2022 dari perusahaan dan sektor bisnis atas inisiatifnya dalam mendorong kesetaraan gender di tempat kerja, pasar, dan komunitas.
Keterangan foto - Credit UN Women Indonesia- Para pemenang UN Women Indonesia WEPs Awards 2022 dari perusahaan dan sektor bisnis atas inisiatifnya dalam mendorong kesetaraan gender di tempat kerja, pasar, dan komunitas.

KABAR LUWUK  – Pendaftaran UN Women Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards 2024 Telah Dibuka. UN Women (Badan PBB untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan) dengan dukungan dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan Uni Eropa, membuka pendaftaran untuk mengikuti UN Women Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards (WEPs Awards) 2024.

WEPs Awards memberikan penghargaan untuk inisiatif dan praktik luar biasa dari perusahaan dan sektor bisnis dalam mendorong kesetaraan gender di dunia kerja. Pendaftaran dibuka hingga 30 Juni 2024.

Diluncurkan pada tahun 2020 dengan dukungan Uni Eropa, WEPs Awards Asia-Pasifik adalah satu-satunya penghargaan tingkat regional yang mengakui inisiatif dan praktik baik dari sektor swasta untuk mendukung kesetaraan gender yang selaras dengan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs).

Hingga saat ini, WEPs yang merupakan tujuh prinsip yang memberikan panduan bagi perusahaan untuk menciptakan budaya bisnis yang lebih inklusif gender, telah ditandatangani dan mendapatkan komitmen dari 9.500 perusahaan di seluruh dunia, termasuk 182 perusahaan di Indonesia.

Kesetaraan gender memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan. Namun, terlepas dari kemajuan dalam pemberdayaan perempuan, masih terdapat hambatan bagi perempuan untuk berpartisipasi dan berkontribusi secara setara dalam pembangunan ekonomi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), partisipasi angkatan kerja perempuan mencapai 54,52% pada tahun 2023, jauh di bawah jumlah angkatan kerja laki-laki yang mencapai 83,98%.

Selain itu, hanya 32,26% perempuan di Indonesia yang menduduki posisi manajerial pada tahun 2022. Tantangan seperti diskriminasi di tempat kerja, segregasi pekerjaan, dan tanggung jawab perawatan tak berbayar yang tidak proporsional masih menghambat perempuan di tempat kerja dan dalam memasuki dunia kerja.

“Mencapai pemberdayaan ekonomi perempuan berarti menghilangkan hambatan dan membuka kesempatan di berbagai tingkatan. Hal ini juga berarti memobilisasi dukungan dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta dan bisnis, untuk mencapai tujuan ini,” kata Dwi Faiz, Country Representative OiC, UN Women Indonesia.

“WEPs Awards akan memberikan momentum untuk mengakui peran sektor swasta dan bisnis dalam memastikan akses, upah, dan kesempatan yang setara dalam mewujudkan potensi ekonomi perempuan, dan di saat yang bersamaan menginspirasi lainnya untuk membangun landasan bagi kesetaraan gender di tempat kerja, pasar, dan komunitas.”

“Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan bukan sekedar kewajiban moral tetapi juga penting bagi masyarakat untuk bekembang. Selain manfaat ekonomi, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam bisnis juga akan memelihara masyarakat yang lebih inklusif, adil, dan kohesif di mana setiap orang mempunyai kesempatan lebih besar untuk sukses,” ucap H.E. Denis Chaibi, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!