IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Dinas Sosial Bangkep Salurkan Bantuan, Pemakanan Anak Terlantar hingga Uang untuk Lansia

762
×

Dinas Sosial Bangkep Salurkan Bantuan, Pemakanan Anak Terlantar hingga Uang untuk Lansia

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Bangkep, Verny Sampelan, S.Sos., M.AP
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Bangkep, Verny Sampelan, S.Sos., M.AP

KABAR LUWUK  – Dinas Sosial Bangkep Salurkan Bantuan, Pemakanan Anak Terlantar hingga Uang untuk Lansia. Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) akan segera menyalurkan lima kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu anak terlantar, penyandang disabilitas, dan lanjut usia (lansia) di wilayah Bangkep.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkep  melalui  Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Bangkep, Verny Sampelan, S.Sos., M.AP., mengungkapkan bahwa pada triwulan ketiga tahun 2024 ini, yakni pada bulan Juli, Agustus, dan November, Dinsos Bangkep akan menggunakan anggaran dari APBD Bangkep sebesar Rp 381.700.000 untuk lima kegiatan bantuan sosial tersebut.

Kelima kegiatan bantuan sosial yang akan dilaksanakan oleh Dinsos Bangkep meliputi :

  1. Bantuan Pemakanan untuk Anak Terlantar di Luar Panti: Sebanyak 50 anak terlantar yang tersebar di Kecamatan Bulagi Selatan, Bulagi, Peling Tengah, Tinangkung Selatan, Tinangkung, dan Totikum akan menerima bantuan pemakanan dengan total anggaran sebesar Rp 69.000.000.
  2. Bantuan Sosial Uang Penyediaan Sandang bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Terlantar Usia Sekolah: Sebanyak 108 penerima manfaat yang terdiri dari penyandang disabilitas dalam asuhan panti sosial dan anak terlantar usia sekolah baik dalam maupun luar panti sosial akan menerima bantuan sandang dengan total anggaran Rp 108.000.000. Penerima bantuan tersebar di Kecamatan Totikum, Totikum Selatan, Peling Tengah, Tinangkung, Tinangkung Utara, Boko Selatan, Bulagi Selatan, dan Bulagi.
  3. Bantuan Sosial Uang Tunai untuk Anak Terlantar di Luar Panti Sosial: Sebanyak 203 anak terlantar akan menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp 300.000, dengan total anggaran Rp 60.900.000. Penerima bantuan tersebar di Kecamatan Buko, Bulagi, Bulagi Selatan, Bulagi Utara, Liang, Tinangkung Selatan, dan Tinangkung Utara.
  4. Bantuan Sosial Uang Tunai bagi Lansia Non-Potensial: Sebanyak 146 lansia non-potensial akan menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp 300.000, dengan total anggaran Rp 45.800.000. Penerima bantuan tersebar di Kecamatan Buko, Tinangkung, Totikum, dan Totikum Selatan.
  5. Bantuan Sosial Uang Tunai bagi Lansia Potensial dengan Keterampilan: Sebanyak 50 lansia potensial yang memiliki keterampilan akan menerima bantuan uang tunai masing-masing sebesar Rp 2.500.000, dengan total anggaran Rp 100.000.000. Penerima bantuan tersebar di Kecamatan Tinangkung Utara, Totikum, Totikum Selatan, dan Liang.

Verny Sampelan menyatakan bahwa bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban hidup para penerima manfaat dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung kesejahteraan sosial masyarakat Bangkep, khususnya mereka yang berada dalam kondisi rentan,” ujar Verny.

Dengan penyaluran bantuan sosial ini, Dinsos Bangkep berharap dapat memberikan manfaat yang nyata bagi anak-anak terlantar, penyandang disabilitas, dan lansia di Kabupaten Banggai Kepulauan, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung program-program sosial yang ada.( RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!