IMIP < Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Pemerintah Kabupaten Banggai Laut Selesaikan Musrenbang RKPD 2025, Dorong Pembangunan Berkelanjutan

145
×

Pemerintah Kabupaten Banggai Laut Selesaikan Musrenbang RKPD 2025, Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Musrenbang RKPD Kabupaten Banggai Laut Tahun 2025
Musrenbang RKPD Kabupaten Banggai Laut Tahun 2025

KABAR LUWUK – Pemerintah Kabupaten Banggai Laut Selesaikan Musrenbang RKPD 2025, Dorong Pembangunan Berkelanjutan.  Kabupaten Banggai Laut telah menyelesaikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di 7 Kecamatan.

Acara yang berlangsung dari tanggal 29 Januari hingga 6 Februari 2024 ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala Bapperida, serta seluruh Camat di Kabupaten Banggai Laut.

Musrenbang RKPD merupakan bagian penting dari sistem perencanaan pembangunan nasional yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004.

Forum ini adalah lanjutan dari Musrenbang tingkat desa dan bertujuan untuk membahas serta menyetujui usulan program kegiatan prioritas yang diintegrasikan dari tingkat desa ke tingkat kabupaten.

Dalam konteks Kabupaten Banggai Laut, Musrenbang RKPD menjadi wadah interaktif bagi pemangku kepentingan untuk memberikan kontribusi pemikiran guna mendukung implementasi program kegiatan di wilayah tersebut.

Dengan demikian, diharapkan kesepakatan usulan yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat secara optimal.

Wakil Bupati Banggai Laut, Ablit H. Ilyas, menyatakan pentingnya kesinambungan dari tingkat desa hingga kabupaten dalam proses perencanaan pembangunan.

“Musrenbang RKPD adalah momentum bagi kita untuk menggali potensi dan kebutuhan masyarakat secara lebih mendalam sehingga program yang dijalankan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan daerah,” ujarnya.

Salah satu fokus utama Musrenbang RKPD adalah merumuskan program-program yang mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Banggai Laut.

Sekretaris Daerah, Drs. Ruslan, menekankan pentingnya sinergi antara program pembangunan dengan pelestarian lingkungan dan keberlanjutan ekonomi. “Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap program yang dirancang memperhitungkan aspek keberlanjutan demi kepentingan generasi mendatang,” tambahnya.

Selain itu, Ketua DPRD Banggai Laut, Mahdiani Bukamo, S.Fil, menyoroti peran aktif masyarakat dalam proses Musrenbang.

“Partisipasi masyarakat sangatlah penting dalam menentukan prioritas pembangunan. Dengan melibatkan mereka, diharapkan setiap langkah yang diambil dapat mencerminkan aspirasi dan kebutuhan riil dari masyarakat,” ungkapnya.

Hasil dari Musrenbang RKPD akan menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah untuk tahun 2025. Pemerintah Kabupaten Banggai Laut berharap agar rencana yang disusun dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan daerah secara keseluruhan.( RSM ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!