IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha 1445 H, Tradisi yang Menyala di Kabupaten Banggai

1065
×

Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha 1445 H, Tradisi yang Menyala di Kabupaten Banggai

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai menggelar Malam Takbir Pawai Obor untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H
Pemerintah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai menggelar Malam Takbir Pawai Obor untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H

“Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin Langsung Melepas Pawai Obor”

KABAR LUWUK  –Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha 1445 H, Tradisi yang Menyala di Kabupaten Banggai. Pemerintah Kabupaten Banggai bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai menggelar Malam Takbir Pawai Obor untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Acara ini dilepas secara resmi oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin.Minggu Malam 16/6/2024.

Pelaksanaan pawai obor menempuh rute yang dimulai dari belakang Masjid Agung An Nur, melewati Lampu Merah Keraton, SMA Negeri 1, Tugu Adipura, Rumah Jabatan Bupati Banggai, Cokro, Jalan Tembus, Unismuh, Pertokoan, dan berakhir kembali di belakang Masjid Agung An Nur Luwuk.

Pawai obor ini diikuti oleh 40 regu yang terdiri dari berbagai instansi, baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun pelajar se-Kota Luwuk.

Ketua Panitia Pelaksanaan Pawai Obor sekaligus Ketua PHBI Kabupaten Banggai, Alfian Djibran, menjelaskan bahwa kegiatan malam takbiran ini adalah acara rutin tahunan.

Namun, ada perbedaan pada malam takbir Idul Adha 1445 H kali ini dibandingkan dengan perayaan malam takbir Idul Fitri.

Pawai takbir malam Idul Adha dilakukan dengan berjalan kaki tanpa menggunakan kendaraan, sehingga pengawasan dan kehati-hatian dari setiap regu sangat diperlukan.

Alfian juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan kota Luwuk selama pawai berlangsung. “Jika obor sudah mati, harap dibuang di tempat sampah,” pesan Alfian.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai, Ir. H. Amiruddin, mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari syiar Islam yang disampaikan kepada masyarakat.

“Pemerintah daerah malam ini telah menyampaikan syiar Islam. Apa yang disampaikan oleh Ketua PHBI dan Kasatlantas harus benar-benar menjadi perhatian kita semua, terutama bagi seluruh peserta pawai obor untuk selalu menaati tata tertib dan aturan yang telah ditentukan agar semua bisa berjalan dengan tertib dan aman,” ujar Amiruddin.

Bupati juga mengingatkan bahwa pelaksanaan pawai obor menyambut Idul Adha 1445 H ini adalah bagian dari syiar yang harus disampaikan dengan harapan dapat menyentuh umat Muslim di Kabupaten Banggai. “Semoga semua tetap dalam lindungan Allah SWT dan selamat sampai finis,” tambahnya.

Acara Pawai Obor Malam Takbir Idul Adha ini tidak hanya menjadi momen untuk mempererat kebersamaan masyarakat, tetapi juga sebagai wujud nyata syiar Islam yang membangun kesadaran bersama akan pentingnya kebersamaan dan ketertiban dalam merayakan hari besar agama.(MAM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!