IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Koramil 1308-01/LB Bersama Masyarakat Simpong Bersihkan Drainase untuk Cegah Banjir dan DBD

1095
×

Koramil 1308-01/LB Bersama Masyarakat Simpong Bersihkan Drainase untuk Cegah Banjir dan DBD

Sebarkan artikel ini
Komsos Kerja Bhakti Pembersihan Drainase/Selokan Bersama Masyarakat Di Wilayah Binaan
Komsos Kerja Bhakti Pembersihan Drainase/Selokan Bersama Masyarakat Di Wilayah Binaan

KABAR LUWUK – Koramil 1308-01/LB Bersama Masyarakat Simpong Bersihkan Drainase untuk Cegah Banjir dan DBD. Sebuah kegiatan komunitas sosial (Komsos) kerja bakti menggema di jalan Pulau Tahuna, Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai.

Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan drainase, selokan, dan saluran air yang tersumbat, melibatkan masyarakat sekitar dalam upaya mengantisipasi potensi luapan air di jalan raya saat musim hujan serta mencegah wabah penyakit DBD yang disebabkan oleh berkembangbiaknya nyamuk di pembuangan air. Sabtu, 9 Desember 2023.

Bersama-sama, Babinsa Kelurahan Simpong (Serma Agil A. Sagaf), Ketua RT VII Kelurahan Simpong (Sarjan Mudin), Ketua RW IV Kelurahan Simpong (Rusliady), Ketua Harian Generasi Muda Simpong (Arwin Hanama), dan empat warga masyarakat turut serta dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 Wita berlangsung dengan penuh semangat dan kekompakan. Masyarakat Simpong bersama aparat kelurahan membersihkan drainase secara gotong-royong, menanggulangi potensi banjir, dan mengurangi risiko penyebaran penyakit DBD.

Setelah tiga jam penuh kerja keras, kegiatan selesai pada pukul 10.00 Wita dalam keadaan tertib, lancar, dan aman.

Usai kegiatan, Danramil 1308-01/LB memberikan arahan kepada seluruh Babinsa di jajaran Koramil 1308-01/Luwuk untuk tetap proaktif, turun ke lapangan, dan hadir di tengah-tengah masyarakat.

Mereka diinstruksikan untuk terus membantu masyarakat di sekitar wilayah binaan masing-masing, mendorong semangat gotong-royong untuk membangun desa secara bersama-sama.

Inisiatif bersih-bersih ini tidak hanya memperkuat ikatan sosial di antara warga Simpong, tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi masyarakat lainnya untuk peduli terhadap lingkungan dan kesehatan bersama.

  Dalam suasana kebersamaan, Babinsa, ketua RT, ketua RW, Ketua Harian Generasi Muda Simpong, dan masyarakat setempat saling bahu-membahu membersihkan saluran air yang telah lama tersumbat.

Mereka menggunakan peralatan sederhana seperti sapu, cangkul, dan keranjang sampah untuk membersihkan sisa-sisa sampah yang menghambat aliran air.

Serma Agil A. Sagaf, Babinsa Kelurahan Simpong, menyatakan, “Kegiatan ini bukan hanya tentang membersihkan drainase, tetapi juga membentuk solidaritas dan kepedulian bersama dalam menjaga lingkungan kita.

Dengan saling bergotong-royong, kita dapat mencegah potensi bencana banjir dan mengurangi risiko penyakit yang dapat timbul akibat genangan air.”

Sarjan Mudin, Ketua RT VII Kelurahan Simpong, menambahkan, “Ini adalah langkah positif yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat. Bersama-sama, kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan aman bagi kita semua. Kegiatan seperti ini seharusnya menjadi inspirasi untuk dilakukan secara rutin demi keberlanjutan lingkungan.”

Rusliady, Ketua RW IV Kelurahan Simpong, menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta kegiatan, “Terima kasih atas partisipasi aktif semua pihak.

Semoga kegiatan ini menjadi awal dari upaya berkelanjutan dalam menjaga kebersihan lingkungan kita. Mari terus jaga solidaritas dan kepedulian kita terhadap lingkungan.”

Kegiatan yang berakhir pada pukul 10.00 Wita tersebut bukan hanya meninggalkan hasil fisik berupa drainase yang bersih, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian dalam menjaga lingkungan.

Semoga inisiatif positif seperti ini dapat menginspirasi masyarakat lainnya untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan mereka.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!