IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Ketua Bawaslu Bangkep Hadiri Pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Buko Selatan

122
×

Ketua Bawaslu Bangkep Hadiri Pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Buko Selatan

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Hadiri Pelantikan Pengawas TPS Sebangkep Sebanyak 417 orang
Ketua Bawaslu Hadiri Pelantikan Pengawas TPS Sebangkep Sebanyak 417 orang

KABAR LUWUK –Ketua Bawaslu Bangkep Hadiri Pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Buko Selatan. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangkep, Sulawesi Tengah, Muslim Abd. Muin B, S.Kom, MM, turut menghadiri acara pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Buko Selatan pada Senin, 22 Januari 2024.

Kegiatan ini dihelat di Badan Pengawas Urusan (BPU) Kecamatan Buko Selatan, dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Camat Buko Selatan, Anggota Danramil, Anggota Polsek, PPK Buko Selatan, dan Pengawas Kelurahan se-Buko Selatan. Senin, 22 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Bangkep menyampaikan bahwa pada tanggal yang sama, serentak di 12 kecamatan dilakukan pelantikan Pengawas TPS oleh Panitia Pengawas Kecamatan. Pengawas TPS memiliki peran vital sebagai garda terdepan dalam mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Oleh karena itu, PTPS dituntut untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan teknis penghitung suara sebagai dasar pengawasan.

“PTPS harus memiliki pengetahuan dasar terkait demokrasi dan Pemilu di Indonesia, melakukan pengawasan melekat terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing.

Menuju voting day yang tersisa 22 hari lagi, kita perlu menjaga kesehatan, membuka komunikasi antar sesama penyelenggara, dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Pengawas TPS akan bertugas kurang lebih satu bulan,” ucap Ketua Bawaslu Bangkep.

Camat Buko Selatan juga turut memberikan sambutan, menekankan pentingnya menjaga netralitas penyelenggara dan mengajak Pengawas TPS untuk belajar dari pengalaman Pemilu sebelumnya.

Pemerintah Buko Selatan bersama penyelenggara menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan Pemilu 2024 di wilayah tersebut.

Pelantikan Pengawas TPS secara serentak di 12 kecamatan ini akan diikuti dengan orientasi tugas Pengawas TPS dalam Pemilu 2024. Bawaslu Bangkep juga berencana menjadwalkan Bimbingan Teknis kepada Pengawas TPS se-Bangkep guna memperkuat pengetahuan terkait pengawasan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, yang dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!