IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Banggai, Command Center Smart City Akan Dibangun Tahun Ini

108
×

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Banggai, Command Center Smart City Akan Dibangun Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir.H.Amiruddin, MM bersama Kadis DKISP Kabupaten Banggai, Lesmana Kulap,S.Kom saat rapat membahas Pembangunan Command Center Smart City
Bupati Banggai, Ir.H.Amiruddin, MM bersama Kadis DKISP Kabupaten Banggai, Lesmana Kulap,S.Kom saat rapat membahas Pembangunan Command Center Smart City

KABAR LUWUK – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Banggai, Command Center Smart City Akan Dibangun Tahun Ini. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Lesmana P. Kulap, mengumumkan langkah signifikan dalam mewujudkan konsep Smart City.

Dalam rapat koordinasi persiapan pembangunan Command Center pada Selasa (23/1/2024), di Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan, Lesmana menyatakan bahwa Minggu lalu kegiatan ini sudah dikontrak, dan pembangunan akan dilaksanakan dalam kurun waktu sekitar 4 bulan ke depan.

Command Center, sebagai pusat kendali, dijelaskan oleh Kepala DKISP sebagai elemen kunci untuk memantau, merespons, dan mengendalikan interaksi masyarakat dengan pemerintah.

Ini diharapkan dapat memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat. Program ini termasuk dalam dokumen Masterplan Smart City Kabupaten Banggai, yang menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menerapkan konsep ini.

Bupati Banggai, Amirudin, menyampaikan pentingnya perkembangan perangkat daerah seperti Dinas Kominfo dalam mewujudkan kemajuan suatu daerah.

“Ini adalah langkah maju yang kita lakukan, bagaimana kita bisa melihat masyarakat itu bisa tersentuh secara cepat, terlayani dengan baik,” kata Bupati Amirudin.

Command Center tidak hanya memungkinkan pemantauan kinerja perangkat daerah secara real-time, tetapi juga memberikan kemudahan dalam memantau aspek-aspek penting, seperti realisasi pajak dan penanggulangan stunting.

DKISP telah mengumpulkan data dari 23 perangkat daerah yang akan diintegrasikan ke dalam dashboard Command Center.

Lesmana menjelaskan beberapa fitur dan modul yang dimiliki Command Center, termasuk Survellaince Dashboard dengan 275 CCTV yang akan dipasang di berbagai titik strategis.

Selain itu, Emergency Button System Platform akan membuka saluran komunikasi langsung antara masyarakat dan pemerintah untuk menyampaikan keluhan, saran, dan meminta bantuan.

Command Center juga akan dilengkapi dengan fitur Stunting Dashboard untuk mendukung program penanggulangan stunting. Semua modul ini akan terintegrasi ke dalam satu aplikasi bernama Banggai Digital Service.

Ruang Command Center yang akan dibangun di Kantor Bupati Banggai akan dilengkapi dengan 7 server dan 12 layar berukuran 55 inci. Pembangunan ini menandai komitmen pemerintah Kabupaten Banggai dalam mewujudkan konsep Smart City untuk memberikan pelayanan yang lebih efisien dan responsif kepada masyarakat. ( dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!