IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Kemenag Banggai Dorong Desa Lembah Keramat menjadi Kampung Moderasi Beragama, Wisata Religi yang Menyejukkan

455
×

Kemenag Banggai Dorong Desa Lembah Keramat menjadi Kampung Moderasi Beragama, Wisata Religi yang Menyejukkan

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banggai, Drs.H. Suardi Kandjae, M.Pd saat memberikan arahan di Kampung Moderasi Beragama Desa Lembah Keramat Kecamatan Toili Barat
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banggai, Drs.H. Suardi Kandjae, M.Pd saat memberikan arahan di Kampung Moderasi Beragama Desa Lembah Keramat Kecamatan Toili Barat

KABAR LUWUK  – Kemenag Banggai Dorong Desa Lembah Keramat menjadi Kampung Moderasi Beragama, Wisata Religi yang Menyejukkan. Desa Lembah Keramat di Kabupaten Banggai telah resmi diluncurkan sebagai Kampung Moderasi Beragama, menjadi bukti konkret dari upaya pemersatu dalam keragaman agama. Langkah berani ini telah menarik perhatian banyak pihak, termasuk Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banggai di bawah kepemimpinan Drs. H. Suardi Kandjae, M.Pd.

Dalam sebuah pernyataan, H. Suardi menyoroti pentingnya Desa Lembah Keramat sebagai pilot projek bagi upaya moderasi beragama. Desa ini dikenal karena suasana kerukunan yang kental, dengan lima rumah ibadah dari berbagai agama yang berdiri berdampingan dalam harmoni dan saling menghormati.

Menjadikan Desa Lembah Keramat sebagai Kampung Moderasi Beragama bukan sekadar upaya promosi pariwisata religi, melainkan juga sebagai wujud konkret dari keberagaman yang dihargai. Dukungan dari para pemuka agama dan masyarakat setempat menjadi modal utama dalam mengembangkan inisiatif ini.

H. Suardi, dengan pengalamannya sebagai mantan kepala Kemenag, menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam menggerakkan proyek semacam ini. Dia berharap pemerintah daerah dapat turut berperan aktif dalam memfasilitasi pertumbuhan Desa Lembah Keramat sebagai Kampung Moderasi Beragama.

Langkah ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lain di Kabupaten Banggai dan bahkan di seluruh Indonesia. Melalui promosi pariwisata religi yang berkelanjutan serta pendekatan inklusif terhadap keberagaman, masyarakat diharapkan akan semakin memahami pentingnya menjaga harmoni dalam perbedaan.

Upaya pengembangan ini juga diharapkan dapat memperkuat citra Kabupaten Banggai sebagai destinasi wisata religi yang menawan, serta menjadi contoh inspiratif dalam upaya membangun kerukunan antar umat beragama.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat setempat, Desa Lembah Keramat di Kecamatan Toili Barat diproyeksikan akan terus berkembang sebagai Kampung Moderasi Beragama yang menginspirasi, mengedukasi, dan merajut keberagaman dengan harmoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!