IMIP < Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Kejaksaan Banggai Laut Membakar Bukti Kejahatan 2023

527
×

Kejaksaan Banggai Laut Membakar Bukti Kejahatan 2023

Sebarkan artikel ini
Kejaksaan Negeri Kabupaten Banggai Laut Melakukan Pemusnahan Bukti Kejahatan Tahun 2023

KABAR LUWUK – Kejaksaan Banggai Laut Membakar Bukti Kejahatan 2023. Kejaksaan Negeri Banggai Laut melaksanakan Pemusnahan Barang Bukti yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) yang amar putusannya Dirampas untuk dimusnahkan.

Acara ini berlangsung di Halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Banggai Laut dan dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut, Bapak Reinhard Tololiu, SH.MH.

Kegiatan pemusnahan barang bukti ini menjadi tontonan menarik dengan melibatkan berbagai jenis perkara dan barang bukti yang terkait dengan kejahatan OHARDA (Orang dan Harta benda), TPUL (Tindak Pidana Umum Lainnya), dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan bahan Adiktif Lainnya). Selasa 18 Juli 2023.

Muhammad Taufik Wahab, SH, selaku Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kejaksaan Negeri Banggai Laut, turut menjelaskan tentang jumlah dan jenis barang bukti yang dimusnahkan.

Dalam acara ini, terdapat 3 perkara OHARDA dengan 4 jenis barang bukti, 9 perkara TPUL dengan 39 jenis barang bukti, dan 7 perkara NAPZA dengan 21 jenis barang bukti.

Jumlah barang bukti yang akan dimusnahkan menunjukkan upaya tegas Kejaksaan dalam memberantas kejahatan dan menegakkan keadilan di wilayah Banggai Laut.

Berbagai pejabat penting hadir dalam acara ini untuk menyaksikan proses pemusnahan barang bukti yang dilakukan secara terbuka dan transparan.

Di antara para hadirin adalah Kajari, Kasi PB3R, Kasi Intelijen, Kasi Tindak Pidana Umum, Kasubagbin, Perwakilan dari Polairud, Perwakilan dari Polsek Banggai, dan Perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama dalam memberantas kejahatan dan mendukung langkah-langkah hukum yang diambil oleh Kejaksaan Negeri Banggai Laut.

Proses pemusnahan barang bukti dilakukan dengan prosedur yang telah ditetapkan secara hukum.

Kegiatan ini juga melibatkan petugas keamanan untuk memastikan pemusnahan dilakukan secara benar dan akurat.

Sebelum dimusnahkan, barang bukti yang dijadikan alat kejahatan akan didokumentasikan dengan baik untuk keperluan arsip dan laporan kegiatan kejaksaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut, Bapak Reinhard Tololiu, SH.MH, menyampaikan pidato singkatnya dalam acara tersebut. Beliau menegaskan pentingnya penegakan hukum dan peran Kejaksaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pemusnahan barang bukti ini juga menjadi pesan bagi para pelaku kejahatan bahwa tindakan mereka tidak akan luput dari hukum. Ujarnya.

Acara berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari masyarakat Banggai Laut. Pemusnahan barang bukti ini menjadi momentum untuk memahami pentingnya hukum dan peran institusi penegak hukum dalam menjaga keadilan dan keamanan di wilayah tersebut.

Semoga kegiatan ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan kejahatan dan mendukung penegakan hukum yang adil dan berkeadilan.Pungkasnya.  ( RS) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!