IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Inovasi Maleo Single Window

146
×

Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Inovasi Maleo Single Window

Sebarkan artikel ini
Inovasi Digital di Kantor Imigrasi Banggai: Maleo Single Window
Inovasi Digital di Kantor Imigrasi Banggai: Maleo Single Window

KABAR LUWUK – Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Inovasi Maleo Single Window. Kantor Imigrasi Banggai baru saja memperkenalkan inovasi terbaru dalam pelayanan keimigrasian, yaitu Maleo Single Window (MSW).

Inovasi ini menggunakan teknologi QR Code sebagai pusat informasi dan pelayanan, sehingga menyederhanakan akses bagi pemohon layanan keimigrasian. Dengan MSW, pemohon hanya perlu memindai QR Code untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dan diarahkan langsung ke laman terkait. Kamis 4/7/2024.

Maleo Single Window mengambil inspirasi dari burung Maleo, yang merupakan burung endemik Sulawesi Tengah. Burung ini dikenal dengan sifat mandirinya, yang tercermin dalam filosofi logo MSW.

Aplikasi ini menekankan kemudahan akses informasi dan pelayanan keimigrasian dengan konsep “get all our services in your hand!” yang memungkinkan pemohon untuk mendapatkan layanan dengan lebih cepat dan efisien, serta berbasis data.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ridwan Arifin, menyatakan bahwa inovasi ini mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat proses administrasi dan meningkatkan kepastian hukum bagi WNA.

Menurutnya, MSW adalah langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pelayanan keimigrasian dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Banggai, Octaveri, menambahkan bahwa inovasi ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan publik dan memastikan keamanan keimigrasian yang lebih baik.

Octaveri menekankan bahwa teknologi informasi adalah kunci untuk menghadirkan pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan aman.

“Penggunaan MSW bertujuan merevitalisasi pelayanan dengan konsep konvensional menjadi digital sekaligus mentransformasi pelayanan Kantor Imigrasi Banggai yang sebelumnya paper-based menjadi paperless untuk ke depannya.

Untuk itu, kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Octaveri.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, juga menyampaikan rasa bangganya terhadap upaya dan dedikasi Kantor Imigrasi Banggai dalam meningkatkan pelayanan melalui teknologi informasi.

“Ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk memajukan sektor publik dengan digitalisasi. Kita harus terus berinovasi dan bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta menjaga keamanan dan integritas negara kita,” ujar Hermansyah Siregar.

Dengan hadirnya Maleo Single Window, diharapkan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Banggai menjadi lebih cepat, efisien, dan transparan. Inovasi ini juga mendukung visi pemerintah dalam digitalisasi pelayanan publik, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat.

Kantor Imigrasi Banggai menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik melalui penggunaan teknologi digital.

Dengan MSW, diharapkan proses administrasi keimigrasian menjadi lebih mudah dan cepat, serta mendukung transparansi dan akurasi data. Inovasi ini menjadi contoh bagi instansi lain dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik dan efisien di era digital ini. ( humas Kanim Banggai ) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!