Ketahanan Energi Terjaga Seiring Produksi Kilang Pertamina

oleh -
Aktifitas produksi kilang PT Pertamina (persero) Refinery Unit V di Balikpanan, Kalimantan Timur, Kamis (14/4/2016). (Foto: Beritasatu Photo/Uthan A Rachim)

KABAR LUWUK, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) sepanjang 2020 melakukan berbagai upaya untuk mencapai target operasional termasuk kinerja kilang. PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) berhasil merealisasikan target penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina lebih tinggi 7,3% dari target tahun 2020. Termasuk produk kilang yang dihasilkan untuk dikonsumsi naik sebesar 11,5%.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, keberhasilan PT Pertamina melalui anak usaha PT KPI merupakan hasil kerja keras manajemen. “Pencapaian PT KPI sebagai keberhasilan manajemen KPI, beserta dengan jajarannya,” kata Mamit dalam keterangan yang diterima Senin (1/3/2021).

Apalagi jajaran di bawah manajamen PT KPI memahami untuk meningkatkan produksi kilang, sehingga target yang dipatok bisa terealisasi. “Hal ini didukung dengan mulai berjalannya program-progran kilang yang sudah direncanakan seperti kilang Residual Fluid Catalytic Cracking (RFCC) Refinery Unit (RU) IV Cilacap,” jelas Mamit.

Baca Juga  Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering Secara Daring

Selain itu, dengan kondisi pandemi Covid-19 di 2020, manajemen dan jajaran tetap bisa mengoptimalkan produksi dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang diterapkan PT KPI. Padahal, tantangan mengelola kilang di tengah pandemi cukup sulit. “Kilang sebagai aset besar Pertamina sekaligus penunjang keuangan harus bisa lebih efisien dalam operasional,” ungkapnya.

Mamit mengatakan pencapaian kinerja kilang berdampak positif dalam mendukung ketahanan energi nasionak, karena adanya kepastian penyediaan BBM dalam negeri.

“Ke depan, saya kira program Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina merupakan upaya menjaga ketahanan energi nasional kita. Melalui program ini, kemampuan kilang akan semakin besar dalam memproduksi bahan bakar minyak dengan berbagai macam crude oil,” ujar Mamit.

Baca Juga  Subholding Upstream Pertamina Gelar Media Gathering Secara Daring

PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) sepanjang tahun 2020 berhasil merealisasikan target penyerapan crude & produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina lebih tinggi 7,3% dari target tahun 2020. Dari total pengolahan crude dan intermediate di Kilang, PT KPI dapat menghasilkan persentase hasil produk utama kilang yang dapat dikonsumsi masyarakat lebih tinggi hingga hampir 4% di atas target. Produk Kilang Pertamina di antaranya Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Kerosene, Avtur, Solar & Biosolar, Dexlite, Pertadex, Polypropylene, Paraxylene dan Benzene.

Kinerja operasi positif ini merupakan konsolidasi kinerja dari enam refinery unit yang ada di Dumai, Plaju, Balongan, Cilacap Balikpapan, dan Kasim serta 1 Petrokimia Plant TPPI yang ada di Tuban dengan didukung oleh lebih dari 5.300 pekerja Kilang yang senantiasa beroperasi 24 jam setiap hari. (Sumber: BeritaSatu.com)