TNI-Polri di Kecamatan Totikum Amankan Jalannya Prosesi Ibadah “Jumat Agung”

oleh -

Sehari TNI-Polri Amankan Dua Gereja Yang Melaksanakan Ibadah Jumat Agung

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Kapolsek Totikum IPDA Muh Abd Afif Hasibuan, S.Tr.K bersama jajarannya serta Danpos Koramil 1308-10/Salakan melalui Babinsa/Danpos Totikum dan Totikum Selatan Serma J Ferry pada Jumat (2/4/2021) sekira pukul 07.30 wita melaksanakan pengamanan proses ibadah “Jumat Agug” di Gereja Protestan Indonesia di Banggai Kepulauan (GPIBK) Bukit Sion Sakay Klasis Peling Timur Desa Sakay, Kecamatan Totikum.

Dijelaskan Serma J Ferry, rangkaian pengamanan gereja bukit Sion Sakay pada sekira pukul 07.30 wita anggota pengamanan dari TNI-Polri melaksanakan pemeriksaan tempat ibadah. Dilanjutkan dengan pemeriksaan sekitar lokasi ibadah. Sekira pukul 08.30 wita para jemaat Bukit Sion mulai berdatangan, dan pada pukul 09.00 wita proses ibadah yang dipimpin Pdt Lilianti Yalope, S.Th dengan jumlah jemaat sekira 37 orang di mulai.

Baca Juga  Dampak Penutupan Akses Jalan, Pemuda Maahas Usulkan Gedung Unismuh Jadikan Tempat Pasien Covid 19

Pada sekira pukul 10.50 wita kegiatan peribadatan Jumat Agung selesai dengan aman dan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan proses foto bersama pendeta dan jemaat majelis gereja Bukit Sion Sakay. Pada pukul 10.57 Wita, Pendeta bersama majelis gereja Bukit Sion Sakay meninggalkan tempat ibadah dalam keadaan aman. Petugas pengamanan terdiri dari TNI-Polri sekira pukul 11.00 wita meninggalkan gereja kembali melakukan pengamanan pelaksanaan ibadah Jumat Agung di lokasi lainnya.

Usai melaksanakan pengamanan di Desa Sakay, personil TNI-Polri kemudian bergerak ke Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut, Desa Tone, Kecamatan Totikum untuk melaksanakan kegiatan engamanan (PAM) oleh TNI-Polri dari Koramil 1308-10/Salakan melalui Babinsa/Danpos Totikum dan Totikum Selatan Serma J. Ferry bersama Bripka Harmawansyah (Ps. Kanit Intel Polsek Totikum) Polres Bangkep. Kegiatan PAM tersebut dilakukan dalam rangka mengamankan prosesi Misa “Jumat Agung” oleh Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut Desa Tone yanv dipimpin Pastor Simon Petrus Kaize, MSC dan dihadiri sekitar 100 orang.

Baca Juga  Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah Akan Memberi Bonus 1 Unit Rumah Bagi Atlet Peraih Mendali Emas.

Pada sekira pukul 13.45 Wita, unsur PAM TNI-Polri tiba di Gereja Katolik Paroki Bunda Hati Kudus Sambiut Desa Tone, dan langsung melaksanakan pengecekan/pemeriksaan disekitar tempat ibadah. Pada pukul 14.15  Wita, kegiatan pemeriksaan selesai dengan lancar dan aman. Pada pukul 14.20 Wita, para paroki Bunda Hati Kudus secara bertahap mendatangi/memasuki ruang gereja dengan melalui prokes yakni memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Pada pukul 15.00 Wita, pastor memasuki ruang gereja dan langsung melaksanakan prosesi Misa “Jumat Agung”.

Pada pukul 17.08 wita, rangkaian Misa “Jumat Agung” oleh Paroki Bunda Hati Kudus, selesai dengan lancar, tertib dan aman terkendali, selanjutnya paroki meninggalkan ruang Misa/gereja dan kembali ke rumah masing-masing. Unsur PAM TNI-Polri kemudian meninggalkan gereja dalam keadaan aman dan situasi kondusif.

Baca Juga  Kapolsek Bulagi Gelar Patroli Ciptakan Kondisi Aman

Paroki Bunda Hati Kudus yang melaksanakan Misa “Jumat Agung” tersebut jelas Serma J Ferry, bukan saja dari masyarakat Desa Tone, akan tetapi juga dari beberapa desa diwilayah Kecamatan Totikum. Misa “Jumat Agung” yang dilaksanakan pada sore hari, tersebut dilaksanakan khusus bagi umat kristiani katolik. Untuk kegiatan dalam rangka merayakan Hari Paskah, paroki Bunda Hati Kudus akan melaksanakan Misa Vigili Paskah pada hari Sabtu besok pukul 19.00 wita. (Arman Londomi/KL)