Puluhan Perawat RSUD Undata Diisolasi

oleh -
(Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

KABAR LUWUK, PALU –  Sekitar 30 lebih tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu menjalani isolasi, menyusul adanya dua orang perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Undata Palu, dr Amsyar Praja mengatakan, perawat yang menjalani isolasi telah dilakukan swab kemarin, Sabtu (12/9/2020) pagi. Hasilnya dipastikan akan keluar siang.

“Hasil itu akan menentukan apakah tetap diisolasi atau sudah boleh kembali ke rumah masing-masing,” kata dr Amsyar, kepada media ini, Sabtu (12/9/2020).

Meskipun tenaga kesehatan di IGD diisolasi, pelayanan tidak tutup. Pihak rumah sakit menyiapkan 2 dokter jaga dan enam perawat yang akan menggantikan tugas hingga hasil swab keluar. 

Baca Juga  Gubernur Sulteng Canangkan Penyaluran Kredit

“Kita mobilisasi lagi teman-teman yang belum terpapar, istilahnya mengambil ahli sementara saja tugas-tugas yang ada di IGD sambil menunggu swab itu,” katanya.

Swab nantinya akan dilanjutkan untuk semua tenaga kesehatan di RSUD Undata Palu. Sebanyak kurang lebih 700 tenaga kesehatan juga akan di swab.

“Perawat dan dokter pastilah kontak dengan pasien, makanya untuk amannya semuanya akan di swab. Tapi utamakan IGD, nanti menyusul poliklinik dan rawat jalan,” ujarnya.

Dr Amsyar juga mengungkapkan kondisi perawat yang positif COVID-19 di RSUD Undata Palu sudah membaik. Menurutnya pasien tersebut termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan menunjukkan hasil swab positif COVID-19. Satu orang perawat IGD yang terkonfirmasi positif sebelumnya melakukan perjalanan dari luar kota. Namun perawat itu belum sempat melakukan kontak dengan perawat lainnya di rumah sakit.

Baca Juga  ESSA PT Panca Amara Utama Kembali Gelar Vaksinasi Tahap Kedua Untuk Karyawan dan Masyarakat Sekitar

“Saat tiba dari luar kota, perawat ini langsung leapor dan dilakukan pemeriksaan. Hasilnya tenyata positif covid-19. Yang bersangkutan langsung kami isolasi di rumah sakit,” ujarnya.

Semantara satu lagi perawat yang terkonfirmasi positif sempat melakukan kontak dengan perawat lainnya di IGD sehingga pihak rumah sakit langsung mengambil tindakan melakukan swab untuk semua perawat di IDG.

“Untuk tenaga dokter tidak ada yang positif, namun kami tetap melakukan swab,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema membenarkan beberapa tenaga kesehatan yang positif COVID-19. Tenaga kesehatan tersebut sudah mendapatkan perawatan isolasi di rumah sakit. “Ada ketambahan empat pasien positif COVID hari ini dan beberapa pasien adalah perawat. Tapi sudah mendapat perawatan,” ujarnya singkat.TIN