LHP LKPD 2018 Balut Raih WTP

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Banggai Laut oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah tahun anggaran 2018, yang diserahkan Kepala BPK Muhaimin Marpaung kepada Bupati Balut Wenny Bukami, masih tetap dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

BPK RI perwakilan Sulteng pada siaran persnya menyebutkan, terdapat adanya permasalahan dan kelemahan diantaranya pada pengendalian internal telah ditemukan adanya kelemahan pengendalian dalam pengelolaan kas, kelemahan pengendalian dalam pengelolaan persediaan dan kelemahan pengendalian dalam pengelolaan aset tetap. Selain itu BPK juga menemukan adanya kelemahan terhadap kepatuhan ketentuan peraturan perundang-undangan berupa pelaksanaan atas empat pekerjaan pembangunan gedung dan bangunan tidak sesuai ketentuan dan pelaksanaan atas enam pekerjaan pembangunan jalan, irigasi, dan jaringan tidak sesuai ketentuan.

Kendati dalam pemeriksaan itu terdapat temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan adanya kelebihan pembayaran yang berakibat berkurangnya keuangan daerah. Namun sampai dengan pemeriksaan berakhir, sebagian telah disetorkan kembali ke kas daerah sehingga BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian.

Baca Juga  Apresiasi Dedikasi yang Luar Biasa, TNI AL Beri Penghargaan Bidan Awanthy Pangas

Pada tahun sebelumnya LHP LKPD Kabupaten Banggai Laut yang diperksa BPK RI perwakilan Sulteng diberi opini WTP sehingga dengan demikian opini yang baru dirilis BPK terhadap Pemda Balut tetap dengan opini WTP. Hal ini merupakan suatu kebanggaan terhadap pemerintah Balut, pasalnya Pemda Bangkep pada tahun 2019 atas LHP LKPD tahun anggaran 2018 diberi opini wajar dengan pengecualian. (ikb)