Herwin Yatim Siap Menunggu Penantang Pilkada 2020

oleh -

KABAR LUWUK, Luwuk – Pejalanan Petahana yakni Herwin Yatim melalui PDIP dalam perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang tahapannya akan dimulai pada Oktober 2019 bisa dipastikan tanpa kendala. PDIP sebagai partai peraih kursi terbanyak pada Pemilu 2019 tidak membutuhkan koalisi partai guna mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada nanti.
Lain halnya dengan sejumlah Partai Politik (Parpol) yang mesti berkoalisi dengan parpol lainnya untuk mengusung pasangan calon dalam pilada 2020. Sehingganya bisa dikatakan saat ini Herwin Yatim siap menunggu siapapun calon penantang dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Hanya saja kemungkinan pasangan Winstar bakal cerai pada Pilkada 2020 mendatang mengingat partai pengusung keduanya ditingkat pusat masih tidak selaras inbas dari Pilpres.
“Pastinya Herwin Yatim sisa menunggu siapa penantang yang akan melawannya pada Pilkada 2020. Untuk siapa pasangan Herwin memang masih misteri namun menurut saya pasangan Winstar bakal cerai pada Pilkada ini,” kata Moh Akli Suong.
Ditambahkan Akli selaku Sekretaris GAM kemungkinan pada Pilkada 2020 mendatang bakal ada tiga sampai empat pasangan calon dimana salah satu pasangan calon menggunakan jalur independen. Hanya saja Akli belum bisa memastikan koalisi partai mana saja yang bakal maju menantang superior PDIP pasca meraih kursi terbanyak di DPRD Banggai.
“Saya memperkirakan bakal ada calon menggunakan jalur independen, hanya saja belum saya bisa pastikan siapa calon itu. Kalau jumlah pasangan calon dalam Pilkada kemungkinan ada tiga bahkan sampai empat,” tambahnya.
Seletingan bahwa Herwin bakal melawan kotak kosong juga dibantah Akli mengingat masih banyak pasangan calon yang bisa berkoalisi mengusung pasanngan calon mereka. Selain itu ada jalur independen yang membuka peluang pasangan calon yang tidak memperoleh koalisi partai. (ikb)