Gubernur Sulteng Resmikan Puskesmas dan Pasar Rakyat Di Bangkep

oleh -

KABAR LUWUK, BANGKEP – Gubernur Sulteng Longki Djanggola resmikan empat unit Bangunan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) serta lima unit Pasar rakyat yang tersebar di pesisir kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Selasa (15/9/2020). Peresmian secara simbolis itu bertempat dihalaman Puskesmas Plus Totikum Selatan, Desa Kanali, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Bangkep.   

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam sambutannya menyampaikan, dengan diresmikannya Puskesmas diharapkan agar lebih meningkatkan pelayanan kesehatan serta memotivasi seluruh insan kesehatan untuk dapat melahirkan inovasi dalam menyelesaikan masalah kesehatan di Kabupaten Bangkep. 

Hadirnya Puskesmas dan pasar baru adalah wujud komitmen pemerintah dalam menghadirkan serta memaksimalkan utamanya di sektor layanan kesehatan, penguatan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

Baca Juga  Safari Jumat, Kapolsek Kintom Bagi Masker dan Imbau Patuhi Protokol Kesehatan

“salah satu standar fasilitas publik layanan yang berkualitas kepada masyarakat adalah fasilitas kesehatan dan pasar” ungkapnya.

Empat unit bangunan Puskesmas anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan 2019 kurang lebih 20 miliar. Sedangkan untuk pembangunan lima unit bangunan pasar rakyat bersumber dari Kementerian Perdagangan tahun 2019 dan Kementerian Koperasi dan UKM  “Dua unit bangunan dari Dana Tugas Perbantuan (TP) dan dua unit bersumber dari Dana DAK Kementerian Perdagangan. Sedangkan satu unit bangunan merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM” ungkapnya.