Danpos Totikum dan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan Gotong Royong Bagun Mesjid di Desa Kalumbatan

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Pembangunan sarana ibadah merupakan salah satu sasaran kegiatan Babinsa di jajaran Koramil 1308-10/Salakan. Olehnya itu pada Rabu, 11 November 2020, pukul 14.30 Wita, bertempat di Mesjid Al-Hijrah Dusun I Desa Kalumbatan, Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan, dilaksanakan kegiatan pembangunan mesjid Al-Hijrah.

Kegiatan pembangunan itu dikerjakan secara gotong royong antara TNI dan Masyarakat yang di pimpin babinsa selaku Danpos Kecamatan Totikum Dan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan Serma J. Ferry.  Dijelaskan Ferry, Pembangunan mesjid Al-Hijrah tersebut pada mulanya di bangun  tahun 2020 dengan kapasitas jamaah dapat menampung sekitar  500 jamaah, dan mesjid tersebut merupakan mesjid pertama dibangun di Desa Kalumbatan sejak terjadinya bencana alam gempa bumi ( tektonic ) pada tahun 2020.

Namun dengan berkembangnya pertumbuhan penduduk, pada tahun 2008 kembali Desa Kalumbatan membangun mesjid baru yakni mesjid Al-Bahri, yang berkedudukan di Dusun 8 Desa Kalumbatan, dengan kapasitas jamaah bisa menampung 400 orang jamaah.

Baca Juga  Jaga Kehandalan Operasi, DSLNG Laksanakan Vaksinasi Kedua

“Pembangunan total kembali mesjid Al-Hijrah di Dusun I Desa Kalumbatan dengan secara bergotong royong tersebut, karena adanya pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dengan jumlah Kartu Keluarga ( KK ) mencapai 2.000, dan saat ini mesjid Al-Hijrah sudah tidak bisa lagi dapat menampung jamaah dalam jumlah banyak. Olehnya itu, Pemerintah Desa Kalumbatan  melakukan pembangunan total kembali mesjid Al-Hijrah yang diperkirakan bisa menampung sekitar 1,000 orang jamaah,” tutur Banbisa ini.

Sesuai rencana, pembangunan kembali mesjid Al-Hijrah secara total tersebut akan menjadi mesjid Akbar Al-Hijrah sebagai mesjid terbesar di pusat Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai. Kipang B Moher selaku Ketua BPD Kalumbatan mengatakan, terkait proses pembangunan kembali secara total masjid Al-Hijrah tersebut, sudah dilakukan sejak pertengahan oktober 2020 dengan secara gotong royong dari masyarakat Desa Kalumbatan.

Baca Juga  Ketahanan Keluarga Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa

Untuk anggaran pembangunan mesjid Al-Hijrah, selain berasal dari dana swadaya masyarakat, juga dari kalangan donatur yang ada diwilayah Kecamatan Totikum Selatan. Peletakan batu pertama pembangunan mesjid Al-Hijrah dilaksanakan pada Senin, 9 November 2020 oleh Ketua Panitia Pembangunan mesjid H. Zakaria Kamindang  yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Banggai Kepulauan.

Kerja bakti bergotong royong oleh Babinsa selaku Danpos Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan bersama masyarakat dilakukan selain melaksanakan Komunkasi Sosial ( Komsos ), juga untuk menjalin silaturahim,  sekaligus mempererat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (MjB)