Desa Tobungku Totikum Selatan Urutan Ketiga Salurkan BLT DD Tahap VIII di Kabupaten Banggai Kepulauan

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI KEPULAUAN – Sesuai Peraturan Menteri Desa ( Permendes ) nomor 14 tahun 2020, tentang kelanjutan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) yang diperuntukan bagi penerima manfaat di seluruh desa yang ada di wilayah Kabupaten Banggai Kepulauan ( Bangkep ), yakni Penyaluran BLT DD tahap VII, VIII dan IX peruntukan bulan Oktober, November Dan Desember 2020.

Diketahui, bahwa penyaluran BLT DD tahap I ( pertama ) sampai tahap VI ( enam ) sesuai Peraturan Menteri Keuangan ( PMK )  nomor 50 tahun 2020, telah selesai disalurkan oleh semua Pemerintah Desa ( Pemdes ) di Kabupaten Bangkep, khususnya Pemdes yang ada di wilayah Kecamatan Totikum Selatan ( Totsel ).

Untuk proses kelanjutan penyaluran BLT DD sesuai Permendes nomor 14 tahun 2020 yakni BLT DD Tahap VII ( tujuh ) dan tahap VIII ( delapan ) peruntukan bulan oktober dan november, Pemdes Tobungku Kecamatan Totsel merupakan desa yang ke 3 ( tiga ) di wilayah Kabupaten Bangkep yang telah menyalurkan BLT DD tahap VIII peruntukan bulan november 2020 di Balai Desa Tobungku pada hari jumat, (13/11/2020).

Apriyanto Pamolango, S.STP, pada kesempatan dalam kegiatan penyaluran BLT DD tersebut mengatakan bahwa Desa Tobungku adalah Desa ke 3 di Kabupaten Bangkep yang telah menyalurkan BLT DD tahap ke VIII ( delapan ). Sebelumnya, Desa pertama yang menyalurkan BLT DD tahap ke VIII adalah Desa Kanali Kecamatan Totsel, dan yang kedua Desa Binontui Kecamatan Liang. Olehnya itu kami selaku Pemerintah Kecamatan Totsel sangat mengapresiasi upaya dan kerja keras dari Pemdes Tobungku dalam proses penyaluran BLT DD tahap ke VIII ini.

Baca Juga  52 KPM Desa Mamulusan Terima Bantuan BLT DD dan Bantuan Alat pertanian

Lanjutnya, bagi penerima manfaat BLT DD ini, harus berterima kasih kepada Pemerintah yang telah berupaya membantu ekonomi masyarakat dalam meghadapi situasi Pandemi Covid-19. Para penerima manfaat juga berterima kasih kepada Pemdes Tobungku yang telah menjalankan program Pemerintah sesuai Permendes No. 14 tahun 2020. Dimana Pemdes Tobungku telah mengorbankan atau telah mengkesampingkan program Desa yang harus di prioritaskan dalam pembangunan di Desa. Karena kepentingan masyarakat dalam situasi Pandemi Covid-19 inilah yang lebih diutamakan.

Penyaluran secara simbolis kepada penerima manfaat BLT DD Desa Tobungku sebanyak 46 KK, dengan masing-masing KK menerima Rp 600.000,- ( Enam Ratus Ribu Rupiah ) peruntukan bulan oktober dan november 2020, dengan jumlah keseluruhan @ Rp 600.000 X 46 KK total sebesar Rp. 27.600.000.- ( Dua Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Ribu Rupiah ).

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) disalurkan dengan cara penyerahan langsung bagi penerima bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan bagi yg tidak hadir diserahkan ke rumahnya masing-masing oleh aparat desa.

Baca Juga  BNPT Gelar Bakti Sosial Untuk Korban Dan Keluarga Korban Terorisme Di Sigi dan Poso

Dengan diterimanya BLT DD ini, kepada penerima manfaat agar benar-benar memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk kebutuhan pokok sehari-hari, dan jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Pemerintah Desa telah berupaya agar penerima manfaat BLT DD di Desa Tobungku ini benar-benar dapat bantuan. Sebab tidak semua desa di Kabupaten Bangkep dapat menerima BLT DD lanjutan sesuai Permendes, hanya 70 % Desa di Kabupaten Bangkep yang menerima BLT DD peruntukan bulan oktober, november dan desember tahun 2020. Alhamdulillah 8 ( delapan ) Desa se-Kecamatan Totsel menerima BLT DD lanjutan sesuai Permendes No. 14 tahun 2020.

Tak henti-hentinya kami selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Totsel menghimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Totsel khususnya di Desa Tobungku ini, agar selalu mematuhi Protocol Kesehatan ( Protkes ) sesuai Perbup Bangkep No. 23 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protkes. Masyarakat harus menjalankan Protkes melalui 4 M yakni Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker kemanapun pergi dan berada, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa. Jagalah kebersihan diri masing-masing dan kebersihan lingkungan setempat, agar kita dapat terhindar dari bencana virus corona ini.

Baca Juga  Bulog Banggai Mulai Salurkan Beras PPKM

Kami juga menyampaikan kepada masyarakat di DesaTobungku ini, bahwa 26 hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, kami dari Pemerintah Kecamatan Totsel mengharapkan partisipasi dari masyarakat dalam menyalurkan aspirasinya untuk kepentingan bersama dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur betul-betul tinggi. Ingat, apapun pilihannya atau siapapun pemenangnya, kita jangan berbeda-beda. Jangan karena beda pilihan kita tidak saling menyapa satu sama lainnya. Politik itu biasa dan memang inilah dinamika politik. menang kalah  itu soal biasa.

Tapi, jangan karena beda pilihan dalam politik kita hilangkan budaya silaturahmi, tetap kita harus menjaga budaya silaturahmi sesama kita. Walaupun berbeda-beda warna dalam pilihan, tapi kita tetap satu. Ingat, negara kita adalah negara yang berbhineka tunggal ika “Berbeda-beda tapi tetap satu”. Turut hadir dalam kegiatan penyerahan BLT DD tersebut, antara lain : Serma J. Ferry ( Babinsa/Danpos Totikum dan Totikum Selatan ) Koramil 1308-10/Salakan, Bripka Harmawansyah ( PS. Kanit Intelkam Polsek Totikum ), Iksan Kasim ( Kades Tobungku ), Ketua BPD Desa Tonuson bersama anggota, Aparat Desa Tobungku dan Para penerima manfaat BLT-DD. (MjB)