Bakti Sosial di Desa Uemea Toili, Dansatgas TMMD 107 Kodim 1308/LB Bagi Masker dan Sembako

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Komandan Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodim 1308/LB pada hari Minggu (12/4/2020) sekira pukul 12.20 wita, melaksanakan kegiatan Bakti Sosial oleh Dandim 1308/Lb Letkol Inf Fanny Pantouw,  M.Tr.Han., M.I.Pol., selaku Dansatgas TMMD 107 tahun 2020 Kodim 1308/Lb di Desa Uemea Kecamatan Toili. Pada kegiatan tersebut, Dandim 1308/LB menyerahkan bantuan masker, sembako, buku tulis dan buka bacaan anak sekolah terhadap masyarakat Desa Uemea dan masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Pada sekira pukl 08.20 wita, Dandim 1308/LB bersama rombongan, yang terdiri dari Kasdim 1308/LB, Danunit Inteldim 1308/LB beserta 1 anggota Unit Inteldim, Adc. Dandim, Driver Dandim, dan Para Jurnalis Kab. Banggai, meninggalkan Makodim 1308/LB menuju Posko TMMD 107 di Desa Samalore, dengan menggunakan transportasi darat. Setelah menempuh perjalan sekira dua jam, rombongan tiba di Desa Samalore untuk selajutnya melaksanakan rangkaian kegiatan bakti sosial.

Baca Juga  Bupati Banggai Hadiri Upacara Pelepasan Jenazah Wakapolres Banggai

Dandim 1308/LB selaku Dansatgas TMMD 107 pada sambutannya mengungkapkan, Tujuan mereka berada di tempat itu, dalam rangka melihat kondisi desa ini yang masih termasuk desa terpencil atau desa yang berada di posok. Para warga ini katanya belum mendapatkan kegiatan atau masih jauh dari kehidupan selayaknya atau seharusnya sebagai warga negara indonesia.

“Konsep kita, bahwa negara kita ini adalah yang merdeka, bebas dan kita adalah negara yang kaya, dan seharusnya masyarakatnya dapat merasakan apa yang dirasakan juga  orang lain atau penduduk warga yang di kota. Sehingga, kehadiran kita ditempat ini sekaligus bersilaturahmi dan juga untuk mensosialisasikan program pemerintah yang saat ini sedang gencar-gencarnya penularan wabah penyakit atau virus yang disebut corona.  Wabah ini sangat mudah menyebar, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh warga untuk menghindari keramaian, baik di pasar dan sebagainya, dan mengurangi kegiatan kumpul-kumpul dan sebaiknya tetap tinggal dirumah. Apabila harus keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker,” kata Dandim.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Polsek Toili Limpahkan Kasus Cabul

Letkol Inf Fanny Pantouw juga menambahkan, kaitannya dengan itu semua, juga dalam rangka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ), dimana pemerintah membentuk Satgas yaitu Satgas TMMD yang terdiri dari anggota dari TNI, Polri dan Pemda.

“Jadi kita perwakilan dari Pemerintah untuk melaksanakan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa, sehingga kita kurang menjangkau desa yang diluar program atau desa yang jauh, sehingga dapat bersilaturahmi dan berbagi ditempat ini. Kegiatan kita saat ini adalah kegiatan tambahan dari Tentara Manunggal Membangun Desa untuk dapat menyentuh warga yang jauh dan untuk dapat benar-benar dirasakan oleh warga yang jauh dari  pusat kota, dan kita harapkan kehadiran kita ditempat ini dapat menjadikan silaturahmi bagi kita dan dapat memberikan berkat bagi kita semua,” tambah perwira dua melati ini.

Baca Juga  Polsek Batui Bersama Tim Gugus Covid 19 Sidak Warung Makan dan Swab di Tempat

Sejumlah warga pada saat itu menyampaikan ucapan terimakasih mereka kepada Dansatgas TMMD atas kegiatan bakti sosial di wilayah mereka. (IkB)