10 Orang Isolasi di Rusunawa Pemkab Buol Positif Corona, Total Jumlah Sulteng Menyentuh Angka 59 Kasus

oleh -

KABAR LUWUK, BANGGAI – Angka orang terkonfirmasi positif corona virus disease (covid-19) di Sulawesi Tengah terus mengalami lonjakan signifikan. Pada hari ini Sabtu (2/5/2020) Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (Pusdatina) covid-19 Sulteng mengumumkan total jumlahnya mencapai 59 orang. Hal itu diungkap juru bicara Pusdatina covid-19 Sulteng, Drs Haris Kariming kepada sejumlah awak media.

Diterangkan Haris Kariming, jumlah kasus orang terkonfirmasi positif corona di Sulteng pada hari ini bertambah 12 orang, dengan total jumlah keseluruhan mencapai 59 kasus. 10 kasus terbaru merupakan orang yang menjalani isolasi di Rusunawa Pemkab Buol dan dua pada RSUD Madani.

“Terjadi lonjakan jumlah orang terkonfirmasi positif corona pada hari ini yang totalnya mencapai 59 kasus. Sepuluh dari Buol yang di isolasi di Rusunawa Pemkab Buol dan dua di RSUD Madani,” terang Haris Kariming.

Baca Juga  Kapolda Sulteng Cek Pos Sekat Ops Madago Raya Yang Berada Di Wilayah Kecamatan Palolo

Untuk jumlah ODP pada hari ini ada ketambahan 15 kasus baru dan 39 ODP dinyatakan sehat oleh tim medis sehingga jumlah ODP secara keseluruhan berkurang dari 183 kasus menjadi 156 kasus. Terkait PDP pada hari ini ada penambahan satu kasus baru dengan tiga orang PDP dinyatakan sembuh oleh tim medis. PDP kemarin berjumlah 43 orang dan hari ini berkurang menjadi 41 orang.

Peningkatan jumlah orang terkonfirmasi positif itu kata Haris Kariming karena warga banyak tidak mematuhi anjuran dan imbauan pemerintah sehingga potensi penularan atau terpapar corona semakin besar. Saat ini Provinsi Sulteng telah memasuki babak transmisi lokal dimana penyebaran corona bukan lagi dari orang yang bepergian dari luar daerah tetapi ditularkan dari Orang Dengan Resiko termasuk Orang Tanpa Gejala.

Baca Juga  GMPK Meminta Inspektorat Turun periksa Dana Desa

Sehingganya Haris Kariming meminta agar warga tetat mematuhi anjuran pemerintah dengan menjaga jarak, di rumah saja, menggunakan masker jika keluar rumah, makan makanan yang telah dimasak serta berolahraga. Haris juga meminta agar warga jangan berkumpul , hindari kerumunan, sayang diri sendiri, sayangi keluarga. (IkB)