IMIP < Bawaslu-ads
KABAR NASIONAL

JOB Tomori Raih PROPER EMAS 2022–2023, Inovasi Lingkungan dan Sosial Berkelanjutan

564
×

JOB Tomori Raih PROPER EMAS 2022–2023, Inovasi Lingkungan dan Sosial Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
GM JOB Tomori, Benny Sidik bersama Nicke Widyawati, Direktur Utama PT. Pertamina
GM JOB Tomori, Benny Sidik bersama Nicke Widyawati, Direktur Utama PT. Pertamina

KABAR LUWUK  – JOB Tomori Raih PROPER EMAS 2022–2023, Inovasi Lingkungan dan Sosial Berkelanjutan. Pada penghargaan PROPER EMAS 2022–2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) membanggakan Indonesia dengan predikat tertinggi.

Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, bersama Wakil Menteri KLHK Drs. Alue Dohong, M.Sc, Ph.D, dan Ketua Dewan Pertimbangan PROPER KLHK Prof. Sudharto P. Hadi, Mes Ph.d, memberikan penghargaan ini kepada JOB Tomori dalam Anugerah Lingkungan Proper dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara. Rabu 20/12/2023.

Benny Sidik, General Manager JOB Tomori, menyatakan bahwa prestasi PROPER EMAS ini mencerminkan komitmen JOB Tomori terhadap pengelolaan sistem manajemen terintegrasi yang efektif dan berkelanjutan.

Ini melibatkan Pengelolaan Mutu, Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan (K3LL), Keselamatan Proses, Pengelolaan Energi, Pengelolaan Aset, Pengelolaan Keamanan, Keamanan Informasi, dan Pengelolaan Anti Suap.

Benny menjelaskan bahwa JOB Tomori tidak hanya memenuhi ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup, tetapi juga melampaui batas ketaatan tersebut.

Dalam menjalankan kegiatan produksi, JOB Tomori mengintegrasikan eco inovasi yang berfokus pada lingkungan berkelanjutan dan inovasi sosial untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di bidang lingkungan, JOB Tomori melaksanakan lima program unggulan, seperti Repos pada produksi separator yang berhasil menghemat energi sebesar 14.500 giga joule dan optimalisasi propane compressor pada unit gas turbine generator yang menurunkan emisi sebesar 270 ton karbon dioksida. Program-program lainnya juga berhasil mengurangi dampak lingkungan secara signifikan.

Sementara itu, di aspek sosial, JOB Tomori mengimplementasikan program inovasi Asih Loinang, yang bertujuan untuk pengelolaan air bersih berkelanjutan berbasis komunitas adat Loinang.

Melalui program eco water elevator, JOB Tomori berhasil memenuhi kebutuhan air bersih bagi komunitas adat terpencil (KAT) Loinang, Dusun Tambiobong, Kecamatan Batui Selatan.

Program ini tidak hanya memberikan akses air bersih, tetapi juga terintegrasi dengan sistem pertanian ramah lingkungan terpadu.

Benny Sidik menegaskan bahwa prestasi ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan, baik dari daerah maupun pusat.

Benny Sidik menambahkan bahwa JOB Tomori juga menjalin kemitraan dengan Pemda Banggai, instansi teknis terkait, serta akademisi dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

Ini melibatkan kelompok tani, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Dengan demikian, JOB Tomori tidak hanya fokus pada aspek lingkungan, tetapi juga aktif dalam mendukung pembangunan sosial dan ekonomi di komunitas sekitar.

Prestasi PROPER EMAS ini menegaskan bahwa JOB Tomori bukan hanya sebuah perusahaan yang sukses secara bisnis, tetapi juga memiliki dampak positif yang signifikan pada lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Keberhasilan ini menjadi inspirasi bagi perusahaan lain untuk mengadopsi praktik bisnis berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat lokal.

JOB Tomori berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan prinsip ekonomi hijau.Ujarnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!