IMIP < Bawaslu-ads
KABAR DAERAH

JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi, Tingkatkan SDM Lewat Pelatihan Plate Welder SMAW 3G dan Dukung Pengembangan Pertanian

253
×

JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi, Tingkatkan SDM Lewat Pelatihan Plate Welder SMAW 3G dan Dukung Pengembangan Pertanian

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai, Ir, H, Amiruddin, MM dan General Manager JOB Tomori, Benny Sidik saat mengukuhkan 16 Peserta Pelatihan Plate Welder SMAW 3G
Bupati Banggai, Ir, H, Amiruddin, MM dan General Manager JOB Tomori, Benny Sidik saat mengukuhkan 16 Peserta Pelatihan Plate Welder SMAW 3G

KABAR LUWUK –  JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi, Tingkatkan SDM Lewat Pelatihan Plate Welder SMAW 3G dan Dukung Pengembangan Pertanian. Sebagai langkah nyata dalam memajukan Kabupaten Banggai, Joint Operating Body Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) terus mengukuhkan komitmennya dengan Pemerintah Daerah.

Melalui program pemberdayaan masyarakat, perusahaan hulu minyak dan gas bumi ini bukan hanya memberikan kontribusi finansial melalui Dana Bagi Hasil Migas, tetapi juga secara aktif mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di daerah tersebut.

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara JOB Tomori dan Pemerintah Daerah Banggai pada bulan Juli 2023 membuka jalan bagi implementasi berbagai program.

Salah satu wujud konkritnya adalah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), termasuk Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai.

Kolaborasi ini menghasilkan pelatihan kerja berbasis kompetensi jurusan plate welder Shielded Metal Arc Welding (SMAW) 3G bagi 16 peserta.

Seluruh anggaran pelatihan, yang dilaksanakan di Loka Latihan Kerja (LLK) Koyoan, disokong oleh Corporate Social Responsibility (CSR) JOB Tomori. Seleksi peserta dilakukan melalui proses yang melibatkan pemerintah kecamatan dan desa, memastikan partisipasi yang merata dari berbagai wilayah.

Pada akhir program pelatihan yang berlangsung selama 43 hari atau 340 jam sejak Januari hingga Maret 2024, seluruh peserta diumumkan lulus dan berkompeten. Mereka mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun sertifikat internal dari LLK Luwuk.

General Manager JOB Tomori, Benny Sidik, menegaskan bahwa tujuan program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan skill calon tenaga kerja, khususnya di sekitar area operasi perusahaan.

Hal ini diharapkan dapat mempermudah mereka dalam meniti karir di berbagai peluang lapangan kerja.

Benny Sidik juga menekankan komitmen JOB Tomori untuk terus berkontribusi pada kemajuan Kabupaten Banggai, khususnya melalui peningkatan sumber daya manusia.

Ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pendekatan kolaboratif ini mendapat apresiasi dari Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO. Beliau menyatakan bahwa kontribusi JOB Tomori dalam meningkatkan SDM Kabupaten Banggai sangat dihargai.

Pemda Banggai berharap agar kemajuan daerah tidak hanya bergantung pada sumber daya alam, melainkan juga pada kemajuan SDM serta sektor pertanian dan peternakan.

Amirudin menambahkan bahwa daerah yang memiliki SDM yang tangguh tidak akan tergantung sepenuhnya pada sumber daya alam.

Dia merujuk pada negara-negara seperti Singapura dan Selandia Baru yang berhasil memanfaatkan kecerdasan masyarakatnya untuk memajukan sektor-sektor lainnya.

Dalam suasana pengukuhan peserta pelatihan, SKK Migas dan JOB Tomori juga menggelar do’a dan zikir bersama serta memberikan santunan kepada 100 orang anak yatim.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen JOB Tomori dalam berbagai aspek pembangunan masyarakat di Kabupaten Banggai.

Acara tersebut juga dihadiri oleh pimpinan kontraktor EPC Proyek Senoro Selatan, KSO Timas, PT. Pratiwi Putra Sulung (PPS), serta jajaran manajemen dan tim JOB Tomori.

Kolaborasi antara perusahaan, pemerintah daerah, dan berbagai pihak terkait menjadi landasan kuat untuk memajukan Kabupaten Banggai secara berkelanjutan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!