IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Desa

683
×

JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Desa

Sebarkan artikel ini
Implementasi PKS JOB Tomori Dengan Pemda Banggai
Implementasi PKS JOB Tomori Dengan Pemda Banggai

Berdayakan 2 Kecamatan melalui  8 Kelompok Tani dan 200 KK

KABAR LUWUK  – JOB Tomori dan Pemda Banggai Berkolaborasi Tingkatkan Kesejahteraan Desa. Sebagai manifestasi kerjasama antara JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada 26 September 2023 telah dimulai.

Fokus utama kemitraan ini adalah memberdayakan 8 kelompok tani dan 200 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Batui Selatan dan Kecamatan Moilong.

Proyek pemberdayaan masyarakat ini melibatkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yaitu Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Dinas Ketahanan Pangan.

Sinergi dengan Dinas TPHP Kabupaten Banggai akan mencakup pengembangan tanaman Cabe Rawit Dewata di empat kelompok tani, sedangkan kerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan fokus pada budidaya ayam pedaging di empat kelompok tani lainnya.

Selanjutnya, Dinas Ketahanan Pangan akan bersinergi dengan JOB Tomori untuk mengembangkan komoditas Cabe, Tomat, dan Terong di empat desa yang melibatkan 50 Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat di setiap desa.

Proses seleksi dan verifikasi dilakukan oleh masing-masing OPD, memastikan partisipasi yang tepat dan berkualitas.

Menurut Sri Wahyuni Djafaar dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai, program ini tidak hanya memberikan dukungan bibit dan sarana prasarana, tetapi juga melibatkan pendampingan teknis serta penguatan kelembagaan untuk meningkatkan kesuksesan program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!