IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Inovasi Terkini, Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Chatbot AI’Sapa Torang CIE Untuk Layanan Informasi 24/7

676
×

Inovasi Terkini, Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Chatbot AI’Sapa Torang CIE Untuk Layanan Informasi 24/7

Sebarkan artikel ini
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai Mengadopsi Chatbot AI untuk Peningkatan Layanan Informasi
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai Mengadopsi Chatbot AI untuk Peningkatan Layanan Informasi

KABAR LUWUK  –  Inovasi Terkini, Kantor Imigrasi Banggai Luncurkan Chatbot AI’Sapa Torang CIE Untuk Layanan Informasi 24/7. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai telah melangkah ke era digital dengan meluncurkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) bernama ‘Sapa Torang CIE..’ sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan informasi keimigrasian.

Chatbot ini dapat diakses melalui platform komunikasi populer seperti WhatsApp dan dirancang untuk memahami dan memproses bahasa alami, membuat interaksi pengguna menjadi lebih mudah dan cepat. Rabu 15/11/2023.

Inisiatif ini merupakan bagian dari strategi digitalisasi layanan publik yang dicanangkan oleh pemerintah, memungkinkan akses informasi 24/7 tanpa terbatas oleh waktu kerja kantor.

Dengan kehadiran chatbot ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh respons yang cepat dan akurat terkait pertanyaan mengenai prosedur keimigrasian, seperti paspor dan dokumen izin tinggal.

Penggunaan teknologi AI tidak hanya mempercepat proses penanganan permintaan informasi, tetapi juga mengurangi beban kerja petugas informasi. Sekarang, petugas dapat fokus pada tugas-tugas yang memerlukan penanganan lebih kompleks.

Kepala Kantor Imigrasi Banggai menekankan bahwa adopsi teknologi canggih ini diharapkan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan keimigrasian secara signifikan.

Sebelum peluncuran resmi, chatbot ini telah melewati serangkaian uji coba untuk memastikan kemampuannya menangani beragam pertanyaan dengan tepat. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh informasi dengan lebih cepat dan mudah.

 Inisiatif ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mewujudkan layanan publik yang inklusif dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan adanya ‘Sapa Torang CIE..’, Kantor Imigrasi Banggai membuktikan komitmennya dalam menghadirkan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, pengembangan chatbot ‘Sapa Torang CIE..’ ini juga merupakan langkah cerdas dalam menjawab tuntutan masyarakat akan layanan yang lebih efisien dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Dengan menghadirkan solusi berbasis kecerdasan buatan, Kantor Imigrasi Banggai memberikan bukti konkret tentang keseriusannya dalam mengikuti tren transformasi digital di berbagai sektor pelayanan publik.

Chatbot ini tidak hanya menjadi sarana untuk mendapatkan informasi, tetapi juga menjadi simbol perubahan menuju era pelayanan yang lebih modern dan responsif. Kehadirannya memperkuat citra Kantor Imigrasi Banggai sebagai lembaga yang proaktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penerapan teknologi terkini.

Dalam perkembangannya, Kantor Imigrasi Banggai berencana untuk terus memperbarui dan meningkatkan kemampuan chatbot sesuai dengan kebutuhan dan umpan balik dari pengguna.

Kolaborasi antara teknologi dan layanan publik diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan dan kemudahan akses informasi bagi semua pihak, tanpa terkecuali.

Masyarakat diajak untuk aktif mengggunakan ‘Sapa Torang CIE..’ sebagai salah satu sarana interaktif untuk memperoleh informasi terkini seputar keimigrasian.

 Dengan demikian, langkah inovatif Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pelayanan publik lainnya untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!