IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Hujan Tak Hentikan Kesiapan Pengamanan Nataru, Apel Operasi Lilin Tinombala-2023 Tetap Berlangsung

1383
×

Hujan Tak Hentikan Kesiapan Pengamanan Nataru, Apel Operasi Lilin Tinombala-2023 Tetap Berlangsung

Sebarkan artikel ini

” Wakil Bupati Banggai Pimpin Apel Ops Lilin Tinombala” 

KABAR LUWUK – Hujan lebat mengguyur halaman Mapolres Banggai di Kawasan Bukit Halimun, Luwuk Selatan. 

Namun, derasnya hujan tidak menyurutkan semangat Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, MM, untuk memimpin Apel Operasi Lilin Tinombala-2023. 

Bersama seluruh peserta apel yang tak gentar meski tubuh mereka basah kuyup, mereka berkomitmen menjaga keamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Kamis, 21 Desember 2023.

Kegiatan dimulai dengan khidmat, dipimpin oleh laporan komandan apel dan dihiasi dengan pemasangan pita operasi. 

Suasana hening memenuhi area apel, bahkan meski hujan masih mengguyur, tidak ada tanda-tanda penghentian kegiatan ini.

Amanat tertulis dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menjadi sorotan utama, mencerminkan urgensi pengamanan yang sedang dilaksanakan.

Dalam amanatnya, Wabup Furqanuddin menekankan bahwa apel gelar pasukan adalah tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan selama operasi. 

Keberlanjutan kegiatan ini diharapkan dapat memastikan kelancaran seluruh aspek pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar,” ujar Wabup. 

Dia menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo menekankan perlunya perencanaan dan persiapan, terutama terkait transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok, sebagai bagian dari rutinitas Natal dan tahun baru.

Wabup juga membahas signifikansi momentum Nataru dalam tradisi masyarakat Indonesia, yang membawa implikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat. 

Dengan potensi pergerakan mencapai 107,63 juta orang pada Nataru 2023-2024, terjadi peningkatan sebesar 143.65% dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024, meningkatkan potensi kerawanan. 

Untuk menghadapi tantangan ini, Furqanuddin menjelaskan bahwa Polri, didukung oleh TNI, K/L, pemda, mitra kamtibmas, dan stakeholder terkait, menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Operasi ini melibatkan 129.923 personel dari TNI, Polri, dan stakeholder lainnya, ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan. 

Wabup berpesan kepada seluruh personel untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menjadikan pengamanan Nataru sebagai kebanggaan, dengan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

“Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” tutup Wabup.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Ketua DPRD Suprapto N. S.Sos, Wakapolres Banggai Kompol Pino Ary SH, SIK, MM, mewakili Dandim 1308/LB Kapten Inf. Sudirman, para PJU TNI-Polri, perwakilan BUMN, BUMD, serta tokoh masyarakat, agama, dan adat. 

Personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait bersatu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan dalam merayakan Natal dan menyambut Tahun Baru 2024.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!