IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

High Level Meeting Bupati Banggai : Penguatan 4K Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga

310
×

High Level Meeting Bupati Banggai : Penguatan 4K Ketahanan Pangan dan Stabilitas Harga

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK – Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M membuka acara High Level Meeting dengan tema “Penguatan Strategis 4K Dalam Rangka Menjaga Ketahanan Pangan Dan Stabilitas Harga Di Kabupaten Banggai”.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Sulteng bekerjasama dengan Bagian Perekonomian Setda Banggai dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Banggai.

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Umum Setda Kabupaten Banggai dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Unsur Forkopimda Banggai, Sekda Kabupaten Banggai, dan perwakilan dari lembaga dan instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai H. Amirudin menyampaikan apresiasinya terhadap diselenggarakannya High Level Meeting ini sebagai upaya memperkuat sinergi dan komitmen dalam menjaga tingkat inflasi sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkesinambungan, dan berkeadilan.

Kegiatan ini juga direspon terhadap perkembangan inflasi global dan pemulihan ekonomi domestik yang sedang berlangsung.

Salah satu tujuan utama rapat ini adalah menyusun kebijakan pengendalian inflasi di tingkat kabupaten serta memperkuat sistem logistik dan koordinasi dengan tim pengendalian inflasi pusat dan provinsi.

Bupati Amirudin menekankan pentingnya langkah-langkah sinergis, responsif, dan tepat sasaran dalam menghadapi potensi inflasi, terutama pada bahan pokok.

Rapat ini juga bertujuan untuk melakukan pendataan harga barang dan jasa di tingkat pedagang eceran, sehingga dapat memetakan harga konsumen untuk paket komoditas terpilih yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Banggai.

Selain itu, informasi tentang stok dan kendala yang dihadapi oleh distributor di wilayah tersebut juga akan dikumpulkan.

Bupati Banggai menekankan pentingnya penerapan 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif) dalam pengendalian inflasi daerah.

Dalam hal ini, keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif harus dijaga dengan baik.

Bupati juga mendorong semua pihak untuk terus melakukan komunikasi yang efektif serta menghimbau masyarakat dan pelaku usaha agar bersama-sama menjaga inflasi agar tetap terkendali.

Rapat High Level Meeting ini diharapkan dapat memberikan strategi dan langkah-langkah konkrit untuk menjaga ketahanan pangan dan stabilitas harga di Kabupaten Banggai.

Dengan kerjasama antarlembaga dan koordinasi yang baik, diharapkan masalah-masalah terkait inflasi seperti harga, pasokan, distribusi, dan komunikasi dapat diatasi dengan baik.

Bupati Banggai mengakhiri sambutannya dengan harapan bahwa penerapan 4K dalam pengendalian inflasi daerah dapat berjalan dengan baik, dan inflasi dapat terkendali sehingga masyarakat Kabupaten Banggai dapat mencapai kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan yang lebih baik.Tuturnya**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!