IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Festival Sastra Lisan Ande Ande Se Kabupaten Banggai Tahun 2022  Dibuka

152
×

Festival Sastra Lisan Ande Ande Se Kabupaten Banggai Tahun 2022  Dibuka

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI  –  Pemerintah Kabupten Banaggai  menggelar  Pembukaan Festival Sastra Lisan Ande  ande Se Kabupaten Banggai  tahun  2022 dan  kegiatan ini dibukan oleh Bupati Banggai yang diwakili Asisten I Administrasi Pemerintahan & Kesra Setda Banggai Hj.Nurdjalal SH , bertempat di hotel Estrella  Luwuk, Senin  12/12/2022.

Turut hadir Unsur Forkopimda Banggai , pimpinan OPD Kabupaten Banggai , Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan bahasa dan Sastra Rahmat Hidayat ,SS , Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Dr.Asrif  M. Hum.

Bupati Banggai menyampaikan Sambutan yang di bacakan oleh Assisten 1, Hj. Nurdjalal SH  alhamdullillah saya ucapkan  terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada balai bahasa provinsi Sulawesi Tengah , panitia pelaksana dan pihak pihak terkait , yang telah melaksanakan kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Sastra lisan adalah bagian dari tradisi yang berkembang di tengah rakyat jelata yang menggunakan bahasa sebagai media utama , sastra lisan ini lebih dulu muncul dan berkembang di masyarakat dari pada sastra tulis. Untuk menjaga kelangsungan sastra lisan ini , warga masyarakat mewariskannya secara turun temurun dari generasi ke generasi . Sastra lisan sering juga disebut sebagai sastra rakyat , karena muncul dan berkembang di tengah kehidupan rakyat biasa.

Begitu pula dengan sastra lisan Ande-Ande  yang merupakan sastra tradisi masyarakat kabupaten Banggai yang berisikan pesan pesan moral dan hiburan . Oleh karena itu sangat di perlukan sastra lisan ande – ande   ini perlu di perkuat kembali dengan cara salah satunya adalah seperti kegiatan yang kita ikuti saat ini , supaya sastra lisan ande – ande ini bisa menjadi bagian utama dalam kehidupan sosial bermasyarakat di kabupaten Banggai.

Selaku kepala daerah di kabupaten Banggai kami tetap mendukung secara penuh kegiatan yang sangat positif seperti ini. Dan pada kesempatan yang baik ini pula , saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan semua pihak yang telah berpartisipasi bersama sama dalam mensukseskan kegiatan ini.

Event festival sastra lisan  ande – ande  Kabupaten  Banggai selain memperkenalkan budaya lokal , seni , dan lain lain juga sebagai sarana bentuk perlindungan dan pelestarian terhadap sastra lisan secara khusus . Kegiatan ini di maksudkan untuk mengaktualisasikan kembali sastra lisan yang di anggap oleh masyarakat memiliki nilai nilai luhur bagi kehidupan bermasyarakat.

Dengan mengusung tema seperti ini , dapat mengembalikan memori kolektif masyarakat wilayah Banggai perihal sastra lisan ande – ande  yang di harapkan dapat mendorong perkembangan masyarakat ke arah yang positif , hal ini sangat luar biasa dan membagakan.

Kegiatan festival sastra lisan ande – ande Kabupaen Banggai ini , sangat sejalan dengan pemerintah daerah kabupaten Banggai . Sebagaimana visi pemerintah kabupaten Banggai yakni ” Terwujudnya Banggai Maju , Mandiri dan Sejahtera Berbasis Kearifan Lokal .” dan juga kegiatan ini sejalan dengan pemerintah daerah Banggai yang tertuang dalam misi pertama dan ke lima yaitu membangun sumber daya manusia berkualitas , produktif dan sejahtera , serta pengembangan pariwisata dan budaya serta nilai keagamaan.

Pada kesempatan yang berbahagia ini , harapan saya kegiatan ini dapat di laksanakan kembali di tahun tahun mendatang . Dan juga , kami berharap balai bahasa provinsi Sulawesi tengah dan seluruh stakeholder terus dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan bersama sama membangun daerah kita tercinta ini , Tutup Nurdjalal SH. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!