IMIP < Bawaslu-ads
Banggai KepulauanKABAR DAERAH

Desa Tolulos Gelar Musyawarah Desa untuk RKP 2024

156
×

Desa Tolulos Gelar Musyawarah Desa untuk RKP 2024

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Desa Tolulos, Kecamatan Peling Tengah, Kabupaten Bangkep, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembangunan Desa
Pemerintah Desa Tolulos, Kecamatan Peling Tengah, Kabupaten Bangkep, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembangunan Desa

KABAR LUWUK  – Desa Tolulos Gelar Musyawarah Desa untuk RKP 2024. Pemerintah Desa Tolulos, Kecamatan Peling Tengah, Kabupaten Bangkep, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembangunan Desa guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat dan berfokus pada upaya pencegahan stunting pada anak balita. Selasa 25/7/2023.

Musyawarah Desa adalah agenda rutin yang dilaksanakan untuk mendukung pembangunan dan menjaring aspirasi masyarakat.

RKP Desa merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dalam periode satu tahun.

Penyusunannya dimulai pada bulan Juli dan harus ditetapkan paling lambat akhir bulan September.

Musyawarah Desa ini dipimpin oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan melibatkan semua elemen penting di Desa Tolulos, termasuk kepala desa, camat, staf kecamatan, dan tokoh masyarakat.

Tujuan dari penyusunan RKP Desa adalah untuk merencanakan pembangunan yang berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangkep.

Salah satu fokus utama dari RKP Desa ini adalah mencegah stunting pada anak balita. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, yang menyebabkan anak terlalu pendek untuk usianya.

Masyarakat diminta untuk berpartisipasi aktif dalam menyampaikan usulan terkait kebutuhan pembangunan, yang tentunya harus sesuai dengan program atau visi misi kepala desa.

Camat Peling Tengah menegaskan pentingnya fokus pada pencegahan stunting dalam periode 2023-2024.

Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat terhindar dari kondisi kurang gizi kronis sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat dan optimal sesuai usia mereka.

Dalam musdes ini, keberlangsungan pembangunan juga menjadi perhatian utama. Rencana pembangunan harus sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat agar dapat mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Melalui Musyawarah Desa, masyarakat Desa Tolulos dapat berperan aktif dalam menentukan arah pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat menciptakan kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh warga desa.

Pemerintah Desa Tolulos berharap, RKP Desa Tahun Anggaran 2024 yang disusun melalui musyawarah ini dapat menjadi panduan yang baik untuk mencapai tujuan pembangunan dan memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Desa Tolulos. (RS) *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!