Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAHTerkini

DANREM 132/TADULAKO, TMMD WUJUDKAN KEMANUNGGALAN TNI DAN RAKYAT

1529
×

DANREM 132/TADULAKO, TMMD WUJUDKAN KEMANUNGGALAN TNI DAN RAKYAT

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Pembinaan teritorial membantu kesejahteraan masyarakat merupakan sebuah program untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Hal tersebut dikatakan Danrem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita, usai pembukaan TMMD ke-107, yang dikaksanakan dilapangan sepak bola Desa Samalore, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulteng, Senin, 16 Maret 2020.

Dikatakannya bahwa, dengan kegiatan pekerjaan itu dapat menjadikan sebuah media komunikasi TNI dan masyarakat, Dengan memanfaatkan pekerjaan yang ada di daerah, TNI menyatu bersama-sama rakyat.

Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita menyebutkan, untuk pelaksanaan TMMD yang ke-107 dilaksanakan di dua Desa yang ada di wilayah Kodim 1308/Luwuk Banggai, yang dilaksanakan selama sebulan harus tercapai target – targetnya dan hasilnya, sehingga bisa dirasakan dan berdaya guna bagi kehidupan masyarakat Desa Samalore dan Desa Arga Kencana.

Saya berpesan kepada Dansatgas, bahwa TMMD ini dilaksanakan tidak hanya unsur TNI saja, namun bersatu dengan masyarakat dan stakeholder terkait sehingga saya harapkan sasaran ini harus benar-benar dapat dipertanggung jawabkan dan berguna bagi masyarakat, dalam hal ini tidak hanya berguna satu dua hari saja, tapi bisa dinikmati oleh masyarakat selamanya.

Sasaran jalan ini hanya peningkatan saja kalau memang ini menjadi jalur utama mungkin pemerintah bisa tingkatkan menjadi jalan aspal. Kemudian jaga hubungan baik silaturahmi kepada para pelaksana TMMD dengan unsur masyarakat yang ada di sasaran TMMD karna pelaksanaannya bukan hanya fisik tapi ada non fisik yang berhubungan langsung dengan masyarakat setempat sehingga mungkin salah satunya terkait dengan situasi sekarang dengan adanya wabah Virus Corona walaupun disekitar sini belum ada yang terindikasi tapi kita memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mencegah memutus rantai perkembangan Virus Corona.

Dalam kesempatan yang sama Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos., M.Tr.Han., juga menyampaikan ada sekitar 30 rumah yang lantainya masih tanah sehingga akan di cor semuanya dan apabila memungkinkan kita dilakukan juga Aladin (Atap lantai dan dinding) untuk memperbaiki rumah masyarakat yang kurang layak huni.

Selain itu kita juga melaksanakan kegiatan non fisik yaitu penguatan sistim di masyarakat baik itu sistim kesehatan maupun sistim kebersihan lingkungan hidup dan sebagainya dimana saat ini Corona juga akan bisa terproteksi apabila warga mengerti akan kebersihan dan kesehatan sehingga rumah yang kurang layak kita perbaiki dan kita buat bisa layak ditempati oleh masyarakat. Kegiatan ini benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar dan benar-benar membantu masyarakat baik secara fisik maupun non fisik.

Tidak hanya itu Kodim 1308/LB juga brrencana akan membuat sanggar kebudayaan dan rohani di masyarakat sekitar sehingga dapat mempererat hubungan silaturahmi antara kerukunan umat beragama maupun antar suku yang berada di kecamatan Toili dan Moilong. Selanjutnya ada juga program penanaman-penanaman vetiver yaitu tanaman penguat tebing di daerah-daerah yang terkena erosi, pasalnya pada tahun lalu daerah ini pernah di landa banjir.

“Pesan saya semoga kegiatan ini benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat dan mempererat silaturahmi bagi kita semua dan memberikan berkat bagi kita semua” kata Danrem 132/Tadulako.

Selanjutnya, Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita bersama Unsur Porkopimda dan Instansi terkait dan Dandim 1308/LB, meninjau rangkaian kegiatan TMMD ke-107, diantaranya, Penanaman pohon Tranbesi, Mahoni, penyerahkan Sembako sejumlah 257 kepada Masyarakat, meninjau Hidroponik, Pasar Murah, penyerahkan buku tulis kepada para pelajar SMP I Toili yang terlibat dalam kegiatan drumben. pengobatan gratis, sunatan masal dan donor darah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita, Letkol Inf Fanny Pantouw,S.Sos.,M.Tr.Han.,M.I.Pol (Dandim 1308/LB), Ir.Herwin Yatim.MM (Bupati Banggai), AKBP Budi Priyanto (Kapolres Banggai), Masnur.SH (Kajari Luwuk Banggai), Letkol Inf Jufri Halimu.SE (Kasi Ter Korem 132/Tdl), Yudi.Amisudin SH (Asisten I Pemerintahan dan Kesra), Mayor Inf Abner Potambo (Kasdim 1308/LB), Para Perwira Staf dan Danramil Kodim 1308/LB, AKP Candra (Kapolsek Toili), AKP Muh.Fadhlan.SH.SIK (Kasat lantas Polres Banggai), Haryadi.Bola.SH (Camat Moilong), Basri.S.AP(Sekcam Moilong), Nyonya Fanny Pantouw (Ketua Persit KCK Cab. XXII), Ibu – ibu pengurus Persit Cab. XXII Kodim 1308/LB, Tokoh Masyarakat,Toda,Toga, Para kepala Desa Sekecamatan Moilong, Toili dan Instansi terkait. (IkB/Penrem_132)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *