IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bupati Banggai Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan, Simbol Keberagaman dan Warisan Budaya Spiritual

833
×

Bupati Banggai Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan, Simbol Keberagaman dan Warisan Budaya Spiritual

Sebarkan artikel ini
Bupati Amirudin Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri
Bupati Amirudin Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri

KABAR LUWUK – Bupati Banggai Resmikan Candi Bentar Pura Kayangan, Simbol Keberagaman dan Warisan Budaya Spiritual. Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO, meresmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri, sebuah langkah bersejarah untuk mempromosikan keberagaman dan melestarikan warisan budaya spiritual umat Hindu di Kabupaten Banggai.

Peresmian ini, yang diadakan pada siang hari ini, menjadi sorotan utama dengan kehadiran para pemuka agama Hindu, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.Rabu,  17 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Amirudin menekankan bahwa peresmian Candi Bentar bukan sekadar seremoni formal, melainkan juga sebuah komitmen bersama untuk memperkaya identitas masyarakat Banggai dengan melestarikan keberagaman dan warisan budaya.

Acara tersebut tidak hanya menjadi momen penting bagi umat Hindu, tetapi juga menyemarakkan semangat toleransi antarumat beragama di daerah tersebut.

Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri diharapkan akan menjadi simbol keberagaman dan warisan budaya spiritual umat Hindu.

Bupati Amirudin mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga warisan budaya ini, menjadikannya sebagai bagian integral dari identitas Kabupaten Banggai.

Peresmian ini tidak hanya menciptakan suasana keharmonisan, tetapi juga diikuti oleh penandatanganan Prasasti Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri oleh Bupati Amirudin.

Hal ini menandai komitmen lebih lanjut dalam pelestarian dan promosi kekayaan budaya lokal.

Keberadaan Candi Bentar ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat pemujaan dan refleksi spiritual bagi umat Hindu, melainkan juga menjadi destinasi wisata religi yang menarik bagi pengunjung.

Dengan langkah-langkah ini, Bupati Amirudin berharap dapat membuka peluang baru untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Banggai, sambil memperkokoh semangat toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

Setelah meresmikan Candi, Bupati Amirudin melanjutkan dengan menandatangani Prasasti Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri. Tindakan ini menjadi dokumen resmi yang mencatat peristiwa bersejarah ini dan menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam menjaga dan mempromosikan warisan budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat.

Masyarakat diajak untuk bersama-sama merawat dan menjaga Candi ini sebagai bagian tak terpisahkan dari identitas dan kekayaan budaya Kabupaten Banggai. ( dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!