Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAHTerkini

Bupati Banggai Minta OPD Mampu Mengintegrasikan Pembangunan Lintas Sektor Secara Terukur

1318
×

Bupati Banggai Minta OPD Mampu Mengintegrasikan Pembangunan Lintas Sektor Secara Terukur

Sebarkan artikel ini

KABAR LUWUK, BANGGAI – Pembangunan di Kabupaten Banggai terus menjadi perhatian Herwin Yatim, pada acara Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 itu. Bupati Banggai meminta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakeholder terkait harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

Pada kegiatan yang di laksanakan di Ruang Rapat Pahangkabotan BappedaLitbang Kabupaten Banggai itu, Ir. H. Herwin Yatim, MM menyampaikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, adapun topik yang hendak kita bicarakan hari ini adalah Perencanaan Tahun ke lima dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Banggai Tahun 2016 – 2021. Hal ini merupakan moment yang sangat strategis bagi seluruh pemangku kepentingan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu isu strategis, dalam upaya pencapaian Visi Pemerintah Kabupaten Banggai. Oleh karena itu penyusunan RKPD tahun 2021 yang dilakukan hari itu harus lebih cermat dan terintegrasi, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang di hadapi Pemerintah Daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

Selanjutnya Bupati Banggai menambahkan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Pengawasan. Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Banggai akan mengangkat lima prioritas pembangunan dengan tujuan utama Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, adapun prioritas itu yakni Pembangunnan Manusia berkualitas dan berbudaya, serta pengentasan Kemiskinan. Pembangunan Infrastruktur Wilayah dan Pelayanan Dasar untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin Pemerataan.Peningkatan Daya Saing Daerah melalui Optimalisasi Sektor Unggulan. Penataan Ruang, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana dan terakhir Peningkatan tata kelola Pemerintahan, yang Inovatif, bersih dan melayani.

“Dalam proses penyusunan RKPD tahun 2021 ini, saya minta semua pimpinan dan aparatur di OPD serta seluruh stakeholder, untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegrasi dan inovatif. RKPD harus mampu mengintegrasikan Pembangunan lintas sektor secara terukur,” kata Herwin Yatim.

Ketua Panitia Pelaksana, Kepala Bappelitbang Ramli Tongko memaparkan bahwa Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini dimaksudkan untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Banggai Tahun 2021, yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan Dokumen Rancangan Awal RKPD Kabupaten Banggai tahun 2021.

Pada kegiatan itu ada delapan poin isu strategis daerah yang dibahas yakni Kualitas Sumber Daya Manusia, Keterbatasan Infrastruktur dan Kesenjangan Wilayah, Universal Akses 100 – 0 – 100, Kemiskinan dan Pengangguran, Pengelolaan Keunggulan lokal daerah, Tata Kelola Pemerintahan dan Kualitas Pelayanan Publik, Pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi serta transformasi Digital dan Penataan Ruang, Lingkungan Hidup, dan Penanggulangan Bencana Daerah.

Dalam Kerangka Pendanaan, anggaran di alokasikan untuk membiayai prioritas daerah yang dijabarkan dalam program prioritas daerah melalui pengarusutamaan money Follow program,dalam rangka pencapaian target sesuai indikator kinerja yang ditetapkan. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan Performance Based Budgeting dan alokasi anggaran juga mendasari pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spasial (THIS) atau dengan pendekatan Cross Cutting Program, sesuai RPJMD Tahun 2016 – 2021.

Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Pembahasan rancangan awal RKPD, kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil forum konsultasi publik. Turut hadir pada kesempatan itu para pimpinan forkopimda yakni Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Dandim 1308/LB, Wakapolres Banggai, Mewakilili Kajari Jaksa Alex, Danposal, Sekda Banggai, Kepala BPS, Para Anggota DPRD Banggai, Para Staf Ahli dan Asisten, Para Pimpinan OPD, Para Camat dan Lurah. (IkB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *