IMIP < Bawaslu-ads
Banggai LautKABAR DAERAH

Bupati Banggai Laut Canangkan Desa Persiapan di 4 Kecamatan, 5 Desa, dan 6 Dusun untuk Pemekaran Wilayah

298
×

Bupati Banggai Laut Canangkan Desa Persiapan di 4 Kecamatan, 5 Desa, dan 6 Dusun untuk Pemekaran Wilayah

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa Canangkan 6 Dusun Sebagai Desa Persiapan
Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa Canangkan 6 Dusun Sebagai Desa Persiapan

KABAR LUWUK  – Bupati Banggai Laut Canangkan Desa Persiapan di 4 Kecamatan, 5 Desa, dan 6 Dusun untuk Pemekaran Wilayah. Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, SH, telah mengumumkan pencanangan pembentukan Desa Persiapan di wilayahnya.

Langkah ini diambil untuk memperkuat struktur desa, memajukan ekonomi lokal, dan mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Pencanangan ini mencakup 4 Kecamatan, 5 Desa, dan 6 Dusun, dimulai dari tanggal 19 hingga 22 Februari 2024.

Pencanangan pertama berlangsung di Dusun Bolitan, Desa Kendek, Kecamatan Banggai Utara. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan di Dusun Lalal, Desa Lantibung, Kecamatan Bangkurung, kemudian di Dusun Tengkel, Desa Paisulamo, Kecamatan Labobo.

Terakhir, acara berlangsung di Dusun Ndendek dan Dusun Kawalu, Desa Panapat, Kecamatan Bokan Kepulauan.

Desa Persiapan merupakan langkah awal dalam proses pembentukan desa baru. Desa ini merupakan bagian dari wilayah desa induk dan memiliki potensi untuk ditingkatkan statusnya menjadi desa yang mandiri dalam waktu 1 hingga 3 tahun, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan.

Proses pembentukan desa diputuskan melalui peraturan daerah dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk prakarsa masyarakat desa, asal usul, adat istiadat, serta kondisi sosial budaya dan potensi ekonomi desa.

Keenam dusun yang dipilih sebagai Desa Persiapan telah dipilih berdasarkan pertimbangan tersebut, serta memperhatikan jumlah penduduk, luas wilayah, dan rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan desa.

Langkah ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat, dengan memberikan kesempatan untuk mengelola sumber daya lokal secara lebih mandiri, serta memajukan ekonomi dan kesejahteraan di tingkat desa.

Pemerintah daerah akan terus mendukung proses pemekaran ini, seiring dengan upaya untuk memperkuat struktur pemerintahan di tingkat lokal guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. ( RSM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!