IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

BRIDA Banggai Gelar Webinar Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional RI

254
×

BRIDA Banggai Gelar Webinar Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional RI

Sebarkan artikel ini
Teknologi Citra Satelit Membuka Era Baru bagi Perikanan Tangkap: Kabupaten Banggai Memimpin Inovasi"
Teknologi Citra Satelit Membuka Era Baru bagi Perikanan Tangkap: Kabupaten Banggai Memimpin Inovasi"

KABAR LUWUK  –BRIDA Banggai gelar Webinar Bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional RI. Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Banggai menggelar webinar bertema “Pemanfaatan Citra Satelit Pengindraaan Jauh untuk Kawasan Perikanan Tangkap di Kabupaten Banggai“, sebuah acara yang menandai langkah besar dalam memperkenalkan teknologi canggih bagi sektor perikanan di wilayah tersebut.

Acara yang diselenggarakan melalui panel Zoom Meeting pada Jumat (3/5/2024) ini merupakan hasil kerjasama antara Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Banggai dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Pusat Riset Geoinformatika BRIN.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepakatan Sinergi Antara Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah ditandatangani oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, Dr. Yopi, dan Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin., MM., AIFO pada tanggal 23 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah yang mewakili Bupati Banggai menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam mencapai misi Pemerintah Daerah, terutama dalam meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis lingkungan dan membangun sumber daya manusia berkualitas, produktif, dan sejahtera.

Pemanfaatan Teknologi Citra Satelit untuk Kawasan Perikanan menjadi fokus utama acara ini. Hal ini diyakini sebagai alat bantu yang dapat meningkatkan hasil penangkapan ikan oleh nelayan, sekaligus meminimalisir penggunaan sumber daya seperti bahan bakar minyak (BBM) dalam aktivitas penangkapan.

Dengan demikian, diharapkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Banggai dapat terdongkrak.

Dr. Teguh Prayogo, salah satu narasumber acara, menjelaskan bahwa data satelit dapat membantu nelayan menentukan titik penangkapan ikan di laut melalui teknologi citra satelit, yang memudahkan dalam menemukan lokasi ikan.

Potensi perikanan di perairan Kabupaten Banggai yang luas menjadi fokus utama dalam pengembangan ekonomi lokal melalui sektor perikanan.

Sebelum menutup kegiatan, Kepala BRIDA Kabupaten Banggai mengucapkan terima kasih atas fasilitasi Pusat Riset Geoinformatika BRIN RI dan berharap untuk lebih mengkongkritkan implementasi pemanfaatan citra satelit dengan menyusun Rencana Kerja Tindaklanjut (RKTL) bersama Dinas Perikanan dan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP).

Dalam waktu dekat, akan diselenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Data Citra Satelit dengan harapan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Pusat Riset Geoinformatika BRIN RI, Prof. Dr. M. Rokhis Khomarudin, M.Si, serta perwakilan dari berbagai instansi terkait, penyuluh perikanan, masyarakat nelayan, dan pejabat struktural dan staf BRIDA Kabupaten Banggai.( Dkisp) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!