IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

BPJS Kesehatan Banggai  Siapkan Pelayanan Mudik Lebaran 2024, Kemudahan Akses dan Layanan Kesehatan Terpadu

292
×

BPJS Kesehatan Banggai  Siapkan Pelayanan Mudik Lebaran 2024, Kemudahan Akses dan Layanan Kesehatan Terpadu

Sebarkan artikel ini
Kepala Cabang BPJS Kabupaten Banggai, Gilang Yoga Wardanu saat memberikan paparan terkait Layanan Mudik Lebaran dihadapan awak media Kabupaten Banggai
Kepala Cabang BPJS Kabupaten Banggai, Gilang Yoga Wardanu saat memberikan paparan terkait Layanan Mudik Lebaran dihadapan awak media Kabupaten Banggai

KABAR LUWUK – BPJS Kesehatan Banggai  Siapkan Pelayanan Mudik Lebaran 2024, Kemudahan Akses dan Layanan Kesehatan Terpadu. Selama periode cuti bersama dan libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan memperkuat komitmennya untuk memastikan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memiliki akses mudah terhadap pelayanan kesehatan yang diperlukan.

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Banggai, Gilang Yoga Wardanu, menegaskan komitmen ini dengan menerapkan prinsip portabilitas, memungkinkan peserta JKN mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan setara di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam upaya menjalankan prinsip ini, peserta JKN di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain hingga tiga kali kunjungan dalam satu bulan.

Selain itu, BPJS Kesehatan menyediakan layanan piket di kantor cabang dan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) untuk memudahkan peserta dalam administrasi, informasi, dan penanganan pengaduan.

Dalam konteks libur lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik Kesehatan mulai tanggal 5 hingga 9 April 2024 di berbagai titik strategis di Kabupaten Banggai.

Posko ini menyediakan layanan konsultasi kesehatan, pemeriksaan, obat-obatan, tindakan sederhana darurat, serta pemberian rujukan bila diperlukan bagi para pemudik.

Untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), BPJS Kesehatan mengimbau untuk melakukan pembayaran iuran secara rutin setiap bulannya agar status kepesertaan tetap aktif.

Dalam hal ini, telah disediakan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk memudahkan proses pembayaran iuran.

Fitur-fitur baru juga telah diperkenalkan, termasuk Aplikasi Mobile JKN dan i-Care JKN, yang memungkinkan peserta JKN mengakses informasi dan riwayat medis secara lebih mudah. Hal ini akan mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan.

Gilang Yoga Wardanu juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi para pemudik dengan pola makan yang seimbang, cukup istirahat, dan tetap aktif bergerak.

Dia juga mengingatkan agar peserta JKN memastikan keaktifan kepesertaannya sehingga tidak terkendala saat mengakses layanan kesehatan.

Sementara itu, Sekretatis Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam, menyatakan bahwa Dinas Kesehatan setempat telah menyiapkan 27 Puskesmas dan satu Rumah Sakit Pratama, dengan 16 Puskesmas yang bisa digunakan untuk rawat inap.

Layanan kesehatan darurat tetap berjalan selama libur lebaran, dengan proses administrasi dan pengaktifan keanggotaan yang tetap tersedia.

Dengan berbagai upaya yang telah disiapkan oleh BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, diharapkan masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran tahun 2024 ini.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!