IMIP < Bawaslu-ads
BanggaiKABAR DAERAH

Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasikan Pencegahan Hoax di Pemilu Serentak 2024

364
×

Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasikan Pencegahan Hoax di Pemilu Serentak 2024

Sebarkan artikel ini
Arkamulhak Dayanun Membuka Kegiatan Sosialisasi di Hotel Santika Luwuk
Arkamulhak Dayanun Membuka Kegiatan Sosialisasi di Hotel Santika Luwuk

Arkamulhak Dayanun Membuka Kegiatan Sosialisasi di Hotel Santika Luwuk

KABAR LUWUK –Bawaslu Banggai Gencar Sosialisasikan Pencegahan Hoax di Pemilu Serentak 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai menggelar kegiatan sosialisasi dan implementasi peraturan dan non-peraturan Bawaslu dengan tema “Pencegahan Berita Hoax Berbasis Media Sosial” dalam persiapan menyambut Pemilihan Umum Serentak tahun 2024.

Kegiatan ini, yang dihadiri oleh seluruh pengurus partai politik dan insan pers Kabupaten Banggai, berlangsung di Hotel Santika Luwuk pada Kamis, 25 Januari 2024. Kamis, 25 Januari 2024.

Koordinator Pencegahan Bawaslu Kabupaten Banggai, Arkamulhak Dayanun, membuka kegiatan ini dengan menyoroti pentingnya upaya pencegahan terhadap berita hoax berbasis media sosial.

Dalam sambutannya, Dayanun menyampaikan bahwa Bawaslu terus berupaya melakukan kegiatan sosialisasi guna mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif berita hoax terhadap persatuan Indonesia.

“Berita hoax memiliki dampak yang merasuk dalam pikiran dan arti masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pencegahan berita hoax ini menjadi krusial untuk menjaga persatuan Republik Indonesia sesuai dengan UUD 45 pasal 37 ayat 5,” ujarnya.

Dayanun menegaskan bahwa tanpa pencegahan yang baik dan benar, berita hoax berpotensi merongrong persatuan Indonesia.

Dia juga menyoroti peran peserta partai politik dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu sebagai upaya kolaborasi dan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Diketahui bahwa potensi berita hoax ini muncul pada masa kampanye. Oleh karena itu, kegiatan politik, terutama kampanye, harus dilakukan secara bertanggung jawab sesuai dengan pasal 267.

Kerjasama antara partai politik, Bawaslu, dan masyarakat sangat penting untuk membentengi diri dari dampak negatif berita hoax dan membuat masyarakat lebih cerdas dalam melakukan pilihan,” tambahnya.

Dengan kegiatan ini, Bawaslu Banggai berharap dapat menciptakan pemilu yang bersih dan berintegritas, di mana informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat dipastikan kebenarannya.

Sosialisasi ini diharapkan mampu menciptakan pemilih yang cerdas dan kritis dalam menanggapi informasi yang tersebar, menjaga kedamaian, dan memperkuat persatuan bangsa.

Dalam konteks ini, kolaborasi antara Bawaslu, partai politik, dan masyarakat dianggap krusial. Keberhasilan pemilu tidak hanya tergantung pada penyelenggaraan yang adil dan transparan, tetapi juga pada pemahaman masyarakat terhadap informasi yang mereka terima.

Dayanun menekankan perlunya memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar mereka dapat membuat pilihan yang cerdas dan berdasarkan informasi yang benar.

“Keterlibatan aktif partai politik dalam upaya pencegahan berita hoax dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat akan membentuk fondasi kuat bagi pemilu yang demokratis dan berintegritas,” katanya.

Selain itu, Dayanun menyoroti potensi munculnya berita hoax selama masa kampanye. Dengan menciptakan kesadaran akan bahaya berita palsu, diharapkan partai politik dapat bekerja sama dengan Bawaslu dalam menjaga integritas kampanye mereka. Dengan demikian, proses politik dapat berlangsung dengan adil, tanpa adanya penyebaran informasi yang menyesatkan.

Melalui kegiatan ini, Bawaslu Banggai mengajak semua pihak terlibat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan integritas pemilu. Sosialisasi tentang pencegahan berita hoax diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pemilu yang bersih, adil, dan dapat dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat.( MAM) **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!